Jawa Pos

Dispusip Tambah Koleksi 22 Ribu Buku

Alokasikan Rp 2 Miliar pada Tahun Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos – Anggaran Rp 2 miliar akan digelontor­kan untuk menambah koleksi buku bagi warga Surabaya. Dinas Perpustaka­an dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya akan melakukan pengadaan sedikitnya 22 ribu eksemplar buku dengan alokasi dana dari APBD kota.

Kepala Dispusip Surabaya Musdiq Ali Suhudi mengungkap­kan, saat ini pihaknya memiliki koleksi lebih dari 900 ribu eksemplar buku. Selain disimpan di perpustaka­an utama, buku-buku itu juga disebar ke ratusan taman bacaan masyarakat (TBM). Nah, tambahan 22 ribu eksemplar tersebut termasuk buku kategori sosial, kesusastra­an, sejarah, kesenian, agama, teknologi, karya umum, psikologi, hingga filsafat. Juga buku khusus anak-anak.

’’Tiap tahun kita tambah (buku, Red). Ini agar masyarakat makin termotivas­i untuk membaca,’’ kata Musdiq kemarin (26/2).

Kota Surabaya memiliki 532

TBM yang tersebar hingga ke perkampung­an dan RT/RW. Selain TBM yang tersedia di perkampung­an, dispusip menyiapkan perpustaka­an di terminal, halte, dan taman kota. ’’Tempat-tempat ini sangat membantu masyarakat untuk bisa mengakses buku bacaan sesuai yang diinginkan,’’ paparnya

Menurut Musdiq, penambahan referensi buku berdampak positif terhadap peningkata­n indeks minat baca masyarakat.

Saat survei pada periode Oktober 2020, indeks minat baca warga Kota Surabaya berada pada angka 67,41. Nilai itu meningkat 0,67 persen dari tahun sebelumnya. Padahal, selama pandemi Covid-19 2020 pihaknya memasang target peningkata­n 0,5 persen. Artinya, indeks tersebut melampaui target yang ditetapkan. ’’Kita bersyukur meski dalam kondisi pandemi, aktivitas literasi masyarakat Surabaya masih tetap tumbuh,’’ papar Musdiq.

Ada beberapa indikator yang bisa mengukur tingkat minat baca masyarakat. Pertama adalah ketersedia­an fasilitas membaca. Baik fasilitas berupa koleksi buku maupun tempat atau perpustaka­an yang representa­tif. Jenis dan kualitas buku akan memengaruh­i minat baca dan motivasi masyarakat.

Tiap tahun kita tambah (buku, Red). Ini agar masyarakat makin termotivas­i untuk membaca.’’

MUSDIQ ALI SUHUDI Kepala Dispusip Surabaya

 ??  ??
 ?? G S O P A W A J / G N A I L ??
G S O P A W A J / G N A I L

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia