Jawa Pos

Bikin Basis Informasi Online untuk BCB

Mudahkan Warga Belajar Sejarah Surabaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Surabaya terus berupaya mendata berbagai bangunan dan situs yang memiliki nilai sejarah. Salah satu upaya agar bangunan cagar budaya (BCB) dapat dimanfaatk­an masyarakat luas untuk mengetahui sejarah Surabaya adalah TACB berencana membuat situs online yang khusus menayangka­n informasi tentang BCB.

Purnawan Basundoro, anggota TACB Surabaya, mengungkap­kan bahwa pihaknya tengah membuat basis informasi yang menyeluruh tentang bangunan cagar budaya. ”Ada kesepakata­n beberapa waktu lalu. Tim akan buat basis informasi secara online,” kata Purnawan.

Sebelum merilis basis informasi tersebut, TACB bakal memperbaru­i informasi terkait dengan bangunan yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Pembaruan dilakukan menyusul beberapa temuan dari TACB Surabaya bahwa ada beberapa plakat BCB yang tidak sesuai dengan informasi. Dia mencontohk­an, kurangnya keterangan dalam plakat tersebut. Misalnya, fungsi dan informasi lain tentang bangunan tersebut pada masa lampau. Biasanya, yang tertera hanyalah tahun berdiri. ”Jadi, diklirkan dulu. Setelah itu, baru kami input ke basis informasi online. Jadi, semua dapat menikmati hal tersebut,” jelasnya.

Guru besar bidang ilmu sejarah perkotaan Unair itu belum dapat memastikan jumlah pembaruan informasi tersebut. Namun, yang pasti untuk BCB yang tersebar di beberapa kawasan di

Surabaya, termasuk kawasan utara.

Selain bangunan cagar budaya, TACB Surabaya sedang memproses penetapan kawasan situs budaya. Dia menyebutka­n, di Surabaya Utara ada beberapa kawasan yang telah ditetapkan sebagai kawasan budaya. Di antaranya, kawasan Ampel, Jembatan Merah, dan Kembang Jepun. ”Itu semua kawasan cagar budaya,” ujarnya.

Meski belum ada penanda khusus di kawasan tersebut, khususnya pada beberapa bangunan, TACB telah memasang plakat khusus yang menginform­asikan bahwa kawasan itu termasuk cagar budaya. Pada 2020, pihaknya telah menetapkan dua bangunan cagar budaya yang tersebar di seluruh Surabaya. Salah satu bangunan yang akan ditetapkan sebagai cagar budaya adalah Langgar Gipo.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? AGAR SEMAKIN LENGKAP: Tim ahli cagar budaya (TACB) menyiapkan informasi terkait dengan berbagai bangunan cagar budaya di Surabaya sehingga warga bisa mengaksesn­ya secara online.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AGAR SEMAKIN LENGKAP: Tim ahli cagar budaya (TACB) menyiapkan informasi terkait dengan berbagai bangunan cagar budaya di Surabaya sehingga warga bisa mengaksesn­ya secara online.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TERBATAS: Warga Kampung Kapasan Dalam merayakan Cap Go Meh kemarin dengan tetap menerapkan prokes.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TERBATAS: Warga Kampung Kapasan Dalam merayakan Cap Go Meh kemarin dengan tetap menerapkan prokes.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia