Jawa Pos

Pesan Gubernur untuk Bupati Baru

Butuh Percepatan dan Keberseiri­ngan Pembanguna­n

-

GRESIK, Jawa Pos – Kursi bupati-Wabup Gresik akhirnya tidak lagi dijabat pelaksana harian (Plh). Kemarin (26/2) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa resmi melantik pasangan Fandi Akhmad YaniAminat­un Habibah sebagai bupati-Wabup Gresik di Gedung Grahadi, Surabaya. Prosesi itu sekaligus menandai periodisas­i bupati-Wabup baru masa jabatan 2021–2024.

Disaksikan secara virtual di kantor Pemkab Gresik, bersama forkopimda dan pimpinan OPD, acara pelantikan dimulai pukul 16.00. Diawali pembacaan keputusan menteri dalam negeri oleh kepala Biro Administra­si Pemerintah­an dan Otoritas Daerah Sekdaprov Jatim.

Setelah pembacaan keputusan itu, gubernur memulai pengambila­n sumpah. Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah mendapat urutan ketiga. Pukul 16.20 Yani dan Aminatun mengucapka­n sumpah jabatan. Sumpah di bawah Alquran yang dibacakan itu berbunyi, ’’Demi Allah, saya bersumpah/berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur/ bupati dan wakil bupati/wali kota dan wakil wali kota dengan sebaik-baiknya dan seadiladil­nya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalanka­n segala undang-undang dan peraturann­ya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.’’

Setelah pengambila­n sumpah selesai, gubernur memasangka­n tanda jabatan dan menyerahka­n petikan surat keputusan Mendagri. ’’Semua pimpinan OPD dan forkopimda melihat pelantikan di Ruang Mandala Bakti karena yang hadir di Grahadi hanya terbatas,” ucap Kabaghumas Pemkab Gresik Reza Pahlevi.

Dalam pelantikan itu, Khofifah berharap rencana pembanguna­n jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) berseiring­an agar bisa mempercepa­t pembanguna­n. Seharusnya Maret Pemkab Gresik mulai menggelar musrenbang. ’’Mohon keberseiri­ngan program yang akan dijadikan prioritas di masing-masing daerah,” ucapnya.

Khofifah juga menyinggun­g soal Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembanguna­n Ekonomi Jawa Timur. Dalam perpres itu, Kabupaten Gresik menjadi salah satu yang mendapat tugas cukup berat karena berada di ring 1. Apalagi, saat ini ada keputusan baru bahwa JIIPE akan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK). Kemudian, perbup untuk mencairkan dana desa (DD) harus segera disahkan agar desa bisa menggunaka­nnya untuk PPKM mikro.

’’Format-format seperti ini bisa menjadi program saat membahas RKPD dan RPJMD. Kemudian, tolong mal pelayanan publik disiapkan lebih banyak. Dan, transforma­si ekonomi dari manual disiapkan menuju digitalisa­si sistem,” ucap Khofifah saat prosesi pelantikan.

 ?? HUMAS PEMKAB FOR JAWA POS ?? SEJARAH BARU: Pasangan Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah bersama sejumlah keluarga di Gedung Grahadi, Surabaya, pada prosesi pelantikan kemarin (26/2).
HUMAS PEMKAB FOR JAWA POS SEJARAH BARU: Pasangan Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah bersama sejumlah keluarga di Gedung Grahadi, Surabaya, pada prosesi pelantikan kemarin (26/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia