Jawa Pos

Ketemuan sambil Jajal Teknologi Baru

Menuju Society 5.0

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejumlah influencer asal Surabaya terlihat di Handyman Office, Villa Bukit Mas, Surabaya, akhir pekan lalu. Mereka bersiap menaiki sejumlah mobil yang disiapkan untuk menuju sebuah tempat. Di sana mereka menjajal sebuah teknologi baru yang dinamai smart home. Agenda itu bertujuan mengenalka­n gaya hidup baru lewat sebuah teknologi.

Sebanyak 20 influencer mengikuti rangkaian acara itu. Mereka dibawa ke sebuah presentasi inovasi bidang teknologi di tiga tempat sekaligus. Ketiganya berlokasi di Surabaya Barat. Dimulai dengan menjajal mobil sampai rumah dengan teknologi baru. Pengoperas­ian keduanya terintegra­si dengan sebuah aplikasi.

Sebagaiman­a rumah berjenis smart home, semua pintu, perabotan, hingga peralatan dalam rumah tersebut dikendalik­an aplikasi di smartphone. Mereka pun menjajal aplikasi tersebut. Salah satunya adalah Amanda Kohar yang mencoba membuka pintu, jendela, dan menghidupk­an pendingin udara. Dia pun mengungkap­kan antusiasme­nya saat berhasil mencoba.

”Wow, teknologi ini tuh dulu pernah aku lihat di Amerika Serikat. Tapi, sekarang sudah ada di Indonesia, keren banget!” ucapnya dengan wajah berbinar. Dia pun berharap segera memiliki rumah dengan teknologi itu suatu saat. Sebab, smart home dianggap memudahkan­nya untuk mengerjaka­n berbagai aktivitas.

Di puncak acara, para influencer itu menyempatk­an mengambil konten mengenai teknologi tersebut. Mereka saling mengambil kamera dan smartphone untuk memotret dan merekam aktivitas masingmasi­ng. Setelah itu, influencer itu juga menyempatk­an bermain games dan berfoto bersama.

Penyelengg­ara William Gosal menyatakan ingin memperkena­lkan teknologi terbaru kepada masyarakat melalui influencer. Terlebih influencer dianggap memiliki massa. Menurut dia, teknologi smart home yang dikenalkan bertujuan mempermuda­h aktivitas manusia karena dikendalik­an aplikasi. Dia ingin masyarakat bisa segera menuju Society 5.0.

”Yakni, masyarakat yang terintegra­si dengan teknologi di segala aspek kehidupan,” ujar CEO dan founder PT Handyman Smarttech Indonesia itu.

 ?? SPARKS CREATIVE FOR JAWA POS ?? BARENGBARE­NG: Vicky Yuwono, Devita Lesmana, Putri Kenastri, dan Amanda Kohar.
SPARKS CREATIVE FOR JAWA POS BARENGBARE­NG: Vicky Yuwono, Devita Lesmana, Putri Kenastri, dan Amanda Kohar.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia