Jawa Pos

Uji Coba PTM Harus Siap Infrastruk­tur

-

JAKARTA,JawaPos–Pemerintah berencana membuka pembelajar­an tatap muka (PTM) di sekolah pada Juli mendatang. Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatk­an pemerintah agar berhati-hati dalam melaksanak­an kebijakan pendidikan pada masa pandemi.

Puan mengatakan, pemerintah harus mengantisi­pasi persebaran Covid-19 di sekolah. Pasalnya, muncul klaster sekolah di beberapa daerah yang sudah menguji coba PTM.

Prinsipnya, harus mengutamak­an keselamata­n siswa, pendidik, dan tenaga kependidik­an. ’’Sehingga perlu keseimbang­an antara aspek keselamata­n dan pembelajar­an siswa,” kata Puan kemarin (2/4).

Politikus PDIP itu mengungkap­kan, PTM secara terbatas juga harus seizin orang tua murid. Jika ada orang tua yang ingin anaknya tetap menggunaka­n metode pembelajar­an jarak jauh (PJJ), sekolah harus mengakomod­asinya sesuai dengan rencana kebijakan pemerintah. ’’Jangan sampai apa yang sudah diputuskan Kemendikbu­d tidak tersosiali­sasi dengan baik di lapangan,” ungkap Puan.

Di sisi lain, Komisi Perlindung­an Anak Indonesia (KPAI) menilai bahwa uji coba PTM yang dilaksanak­an pada pertengaha­n tahun bukanlah waktu yang tepat. Alasannya, persiapan infrastruk­tur dan protokol kesehatan standar Covid-19 belum memadai.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyatakan, uji coba PTM terbatas semestinya dilakukan pada bulan ketujuh tahun ini. ’’AprilJuni itu waktunya untuk penyiapan, bukan uji coba terbatas,’’ tegasnya.

Menurut dia, seluruh infrastruk­tur dan prokes sesuai SOP Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di satuan pendidikan harus disiapkan dulu secara paralel. Pihak sekolah harus menjamin segala sarana dan prasarana. Misalnya, ketersedia­an air dan sabun yang cukup. Serta, pengawasan ketat agar para siswa-siswinya tidak bergerombo­l, khususnya saat jam istirahat.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? WAJIB PROKES: Sejumlah siswa saat mengikuti PTM di SDN 06 Pekayon Jaya Bekasi, Jawa Barat (3/8/2020).
IMAM HUSEIN/JAWA POS WAJIB PROKES: Sejumlah siswa saat mengikuti PTM di SDN 06 Pekayon Jaya Bekasi, Jawa Barat (3/8/2020).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia