Jawa Pos

Optimistis Sambut Ramadan dan Lebaran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengelola pusat perbelanja­an Jawa Timur (Jatim) bersemanga­t menjelang Ramadan dan Lebaran. Fasilitas hiburan seperti bioskop boleh kembali buka. Kinerja bisnis mal di semua segmen, termasuk hiburan, bakal terdongkra­k.

Direktur Komersial Pakuwon Sutandi Purnomosid­i menyambut baik izin operasiona­l sinema oleh pemerintah. Itulah pintu masuk bagi para pengelola mal untuk menggairah­kan bisnis ritel. ’’Orang yang datang untuk menonton film pasti melakukan hal lain. Entah belanja atau makan,’’ ungkapnya kemarin (2/4).

Itulah kabar baik bagi pengelola pusat perbelanja­an yang memiliki tenant bioskop. Sutandi memaparkan bahwa satu studio film bisa menampung sekitar 150 penonton. Bahkan, beberapa studio pada bioskop premium dapat menampung hingga 450 penonton. Di satu mal, biasanya ada tiga atau empat studio.

’’Memang, saat ini bioskop masih diizinkan menampung 50 persen dari kapasitas. Tapi, jika tiga kali jadwal tayang, jumlah pengunjung­nya bisa ribuan,’’ jelas ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim tersebut.

Terkait dengan larangan mudik oleh pemerintah, Sutandi yakin kondisi itu justru akan mendongkra­k kunjungan ke mal. ’’Lebaran nanti, kami berharap pengunjung kembali normal.

Sekarang total pengunjung masih 80 persen,’’ ujarnya.

Sementara itu, Koordinato­r Wilayah Timur 1 Aprindo Jatim April Wahyu Widarti menjelaska­n bahwa kinerja ritel dan mal masih berbeda. Karena itu, targetnya tidak sama. Sebab, meski mobilitas sudah mulai longgar dan kunjungan ke mal naik, konsumsi masyarakat masih lemah. Sampai sekarang, mayoritas masyarakat memilih belanja kebutuhan primer dan sekunder saja. Sebagian besar konsumen ragu berbelanja barang tersier. ’’Meski kuantitasn­ya normal, kinerja kami belum normal. Kami sebenarnya bersyukur kalau bisa tumbuh lebih baik daripada 2020,’’ tuturnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? TIDAK LENGANG: Kunjungan di pusat perbelanja­an Surabaya meningkat pada long weekend ini.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS TIDAK LENGANG: Kunjungan di pusat perbelanja­an Surabaya meningkat pada long weekend ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia