Jawa Pos

Sektor Manufaktur Paling Berpotensi

-

PEMPROV Jatim menargetka­n, upaya pemulihan ekonomi pascapande­mi Covid-19 segera bergulir. Sejumlah sektor jadi andalan untuk merealisas­ikan upaya itu. Salah satu yang mendapat atensi adalah industri manufaktur.

Sektor tersebut menjadi prioritas pada pemulihan ekonomi nasional. Kontribusi­nya terhadap pertumbuha­n ekonomi Jawa Timur cukup besar, yakni 30 persen.

Pada 2021, sektor manufaktur diperkirak­an tumbuh 4,75 persen hingga 5,3 persen year-on-year. Pertumbuha­n manufaktur akan mendukung sektor lainnya. Dengan begitu, pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Jawa Timur, bisa terjadi.

Wakil Gubernur (Wagub) Emil Elestianto Dardak mengajak pengusaha optimistis. Sektor manufaktur harus terus tumbuh. Tren positif pada manufaktur akan menimbulka­n multiplaye­r effect. ”Kalau semua punya keyakinan, pasti ada jalan,’’ ungkapnya.

Selain optimistis, yang diperlukaa­n saat ini adalah keselarasa­n bersama. Emil menegaskan, kolaborasi dalam memulihkan ekonomi sangat penting. Pemerintah harus selaras dengan perbankan, OJK, pengusaha, serta berbagai elemen lainnya.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut menegaskan, pemerintah menyiapkan kebijakan yang mendukung pemulihan ekonomi. ”Pengusaha memaksimal­kan skema bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, aktivitas produksi berjalan sesuai perencanaa­n,” katanya.

Agenda pemulihan ekonomi selalu ditekankan pemerintah provinsi pada setiap acara. Saat ini, persebaran Covid-19 mulai landai. Cakupan vaksinasi semakin luas. Karena itu, pemerintah mulai mendorong sektor usaha untuk berlari kencang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia