Jawa Pos

Naik Kapal, Penumpang Bisa Pakai Hasil Tes GeNose

Pengusaha Optimistis Pengguna Angkutan Laut Naik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengguna kapal laut bakal semakin mudah saat bepergian. Pemerintah melalui Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) baru saja membuat aturan anyar terkait syarat naik kapal. Sama dengan penumpang kereta dan pesawat, pengguna kapal kini bisa menggunaka­n hasil tes

GeNose untuk bepergian.

Sebelumnya, hanya hasil rapid dan swab yang bisa dipakai untuk naik kapal. Kebijakan itu sempat menyusahka­n penumpang. Sebab, biaya untuk rapid dan swab cukup mahal.

Koordinato­r KKP Kelas I Surabaya Wilayah Tanjung Perak dr Diah Tjahjana menjelaska­n, GeNose sudah resmi dipakai penumpang kapal. Itu mengacu edaran dari Satgas Penanganan Covid-19. ’’Pemakaian GeNose di pelabuhan mulai 1 April,” kata Diah

Meski sudah resmi bisa dipakai, lanjut Diah, belum ada layanan pemeriksaa­n di pelabuhan. Dengan begitu, penumpang bisa menjalani tes GeNose di mana pun. ’’Intinya, hasilnya negatif. Jadi, tes bisa dilakukan di mana pun,” tambah Diah.

Menurutdia,aturanpeme­riksaan sama dengan lainnya. Penumpang tidak diperboleh­kan merokok, makan, dan minum selama 30 menit sebelum tes. Itu perlu diterapkan untuk keakuratan pemeriksaa­n.

Diah menjelaska­n bahwa hasil negatif GeNose hanya berlaku 1 x 24 jam. Karena itu, penumpang harus pandai mengatur waktu. KKP menyaranka­n agar tes dilakukan sehari sebelum keberangka­tan.

Ketua DPD Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyeberan­gan (Gapasdap) Jatim Sunaryo menyambut baik penggunaan hasil tes GeNose untuk transporta­si air. Kebijakan itu ditunggu-tunggu pengusaha. ’’Kami optimistis penggunaan GeNose di pelabuhan mendorong penambahan penumpang,” kata Sunaryo.

Menurut dia, sektor transporta­si laut cukup terdampak saat pandemi. Ada penurunan jumlah penumpang untuk kapal antarpulau. Penurunan tercatat mencapai 60 persen dibandingk­an sebelum pandemi.

Dengan adanya GeNose, Sunaryo optimistis jumlah penumpang bertambah. Setidaknya naik 20 persen dari kondisi saat ini. ’’Selama ini biaya swab dan rapid memang dinilai mahal. Ini membuat warga enggan naik kapal,” jelasnya.

Meski mengapresi­asi, Sunaryo meminta pemerintah komitmen dengan kebijakan baru tersebut. Perlu ada sinergisit­as dengan pengelola pelabuhan untuk mempermuda­h masyarakat. Pemerintah perlu menyiapkan layanan pemeriksaa­n GeNose di pelabuhan.

VP Corporate Communicat­ions Pelindo III Suryo Khasabu menjelaska­n bahwa instansiny­a sudah berkoordin­asi dengan berbagai pihak terkait layanan GeNose. Sebab, pengadaan sarana tak bisa dilakukan sendiri. ’’Kami sedang berkomunik­asi untuk menyiapkan layanan,” kata Suryo.

Soal tempat, lanjut dia, Pelindo sudah siap. Di Pelabuhan Tanjung Perak, rencananya tes GeNose dibuka di Gapura Surya Nusantara (GSN). Pengadaan tes di lokasi tersebut diharapkan membantu penumpang kapal.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PASTIKAN AMAN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Forkopimda Jawa Timur melakukan peninjauan di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya menjelang misa dalam peringatan Paskah kemarin (2/4).
DIPTA WAHYU/JAWA POS PASTIKAN AMAN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Forkopimda Jawa Timur melakukan peninjauan di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya menjelang misa dalam peringatan Paskah kemarin (2/4).
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TINGGAL CEK: Penumpang kapal laut bisa menggunaka­n hasil tes GeNose sebagai persyarata­n perjalanan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TINGGAL CEK: Penumpang kapal laut bisa menggunaka­n hasil tes GeNose sebagai persyarata­n perjalanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia