Jawa Pos

Harga Cabai Melandai, Kini Rp 80 Ribu Per Kg

-

SURABAYA, Jawa Pos – Harga cabai mulai melandai. Sebelumnya, harga komoditas tersebut naik drastis sejak bulan lalu. Penyebabny­a, cuaca yang masih sering hujan deras berdampak pada kualitas cabai yang layak jual. Selain itu, terjadinya bencana alam di beberapa daerah juga memengaruh­i kondisi cabai. Alur distribusi­nya ke berbagai daerah pun terhambat.

Indarti, pedagang CitraLand Fresh Market Surabaya, mengatakan bahwa harga cabai turun sejak beberapa hari terakhir. Misalnya, cabai hijau dan merah kecil saat ini dijual Rp 80 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya, sekitar dua pekan lalu, harga cabai tersebut masih Rp 120 ribu per kilogram. Sementara itu, cabai merah besar Rp 80 ribu per kg

Pada dua pekan lalu, harganya masih Rp 90 ribu per kg. Untuk cabai hijau besar, kini harganya Rp 40 ribu, turun dari harga sebelumnya Rp 50 ribu per kg. Turunnya harga cabai tersebut terjadi karena saat ini mulai masuk masa panen.

’’Saya juga pas kulakan harganya turun. Kayaknya sih akan turun terus ya sampai Ramadan,” ucap Indarti kemarin (2/4). Dia mengaku banyak membeli cabai asal Banyuwangi dan Probolingg­o.

Untuk cabai kecil merah misalnya, dia sempat mendapatka­n harga kulakan Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu per kg dalam beberapa hari terakhir. Kemudian, cabai besar hijau dia dapatkan dengan harga Rp 32 ribu hingga Rp 28 ribu per kg. Di sisi lain, cabai merah didapatnya Rp 50 ribu hingga Rp 48 ribu per kg.

Meski harga cabai turun, Indarti tidak yakin cabai akan terserap dengan baik di tingkat konsumen. Pasalnya, menjelang Ramadan kali ini, belum terlihat tanda-tanda peningkata­n pembelian yang signifikan. ’’Orang-orang masih biasa-biasa saja belinya. Mungkin karena pandemi ya, jadi kondisinya ndak terlalu banyak makan enak, ndak terlalu masak yang banyak,” ungkapnya.

Pada data Siskaperba­po Disperinda­g Jawa Timur, secara harian di semua pasar di Surabaya harga rata-rata cabai rawit di tingkat konsumen turun dari Rp 62.981 per kg menjadi Rp 62.762 per kg. Selama Maret lalu, data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim menunjukka­n, harga cabai rawit di Surabaya mengalami kenaikan 14,07 persen dalam sebulan terakhir dibandingk­an periode Maret tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia