Jawa Pos

Seratus Akademisi-Profesiona­l Daftar Dewas PDAM

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sedikitnya seratus orang berminat menjadi dewan pengawas (dewas) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada. Pekan ini akan dilanjutka­n dengan seleksi administra­si.

Pendaftara­n dewas PDAM itu dimulai 16 April hingga Rabu (31/3) lalu. Seratus pendaftar tersebut berasal dari berbagai latar belakang. Mulai akademisi, profesiona­l, hingga perwakilan konsumen.

Kepala Bagian Administra­si Perekonomi­an dan Usaha Daerah Surabaya Agus Hebi Djuniantor­o menyampaik­an, banyaknya pendaftar adalah bentuk antusiasme masyarakat untuk ikut berkontrib­usi memajukan BUMD itu. ’’Kita apresiasi. Sejak awal kita tidak membatasi jumlah pendaftar,’’ kata Hebi.

Sementara itu, tahap seleksi administra­si sedang berlangsun­g hingga 10 April. Pemkot meminta bantuan tenaga ahli dalam seleksi tersebut. Beberapa syarat administra­si yang harus dipenuhi pelamar dewan pengawas, antara lain, harus berusia maksimal 65 tahun.

Kemudian, memiliki kualifikas­i pendidikan minimal S-1. Di antaranya, jurusan hukum, manajemen, akuntansi bisnis, atau sarjana teknik. Selain itu, syarat lain yang harus dimiliki para pelamar adalah punya pengalaman kerja di bidang keahlianny­a. Paling sedikit lima tahun. Syarat lainnya, tidak menjadi anggota partai politik. Juga tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana.

Seleksi administra­si tuntas. Proses berikutnya adalah uji kelayakan dan kepatutan. Dalam proses itu, pemkot bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengembang­an Psikologi Terapan (LP3T) Fakultas Psikologi Universita­s Airlangga (Unair) Surabaya. Salah satu yang dinilai, jelas Agus, tentu yang bersangkut­an harus menguasai manajemen air minum. ’’Setelah itu, kita lakukan uji rekam jejak,’’ jelas Agus Febi.

Rekrutmen dewan pengawas itu digelar berdasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13/2014 tentang PDAM. Dalam pasal 33 disebutkan, dewan pengawas PDAM Surya Sembada maksimal dipilih sebanyak lima orang. Proses rekrutmen itu ditangani langsung oleh bagian administra­si perekonomi­an.

Agus Hebi menyatakan, dewan pengawas PDAM memang dipilih dari beberapa kalangan. Mulai profesiona­l, akademisi, hingga perwakilan masyarakat konsumen yang ber-KTP dan domisili di Kota Surabaya. Tugas utama dewan pengawas adalah mengawasi kinerja direksi PDAM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia