Jawa Pos

Libatkan UINSA, Jadikan Ampel Little Mecca

-

SURABAYA, Jawa Pos – Satu per satu penataan kawasan yang sedang dipersiapk­an Pemkot Surabaya bakal melibatkan perguruan tinggi. Kawasan wisata religi Sunan Ampel di Surabaya Utara, misalnya, akan dibuat menjadi Little Mecca. Pemkot bekerja sama dengan Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah menetapkan target pengembang­an kawasan tersebut. Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel menjadi perhatian utama saat ini. Konsepnya, tempat itu tidak hanya menjadi kawasan religi, tetapi juga tempat wisata.

Pria 43 tahun itu menjelaska­n, Ampel memiliki potensi besar. Di kawasan tersebut terdapat makam Sunan Ampel. Setiap hari ratusan, bahkan ribuan, orang berziarah. Ketika Ramadan, jumlah pengunjung bertambah banyak. Pengunjung ingin merasakan suasana puasa serta beribadah di tempat itu.

Wilayah itu juga memiliki corak lain. Akulturasi budaya Surabaya dan Timur Tengah. Hal itu terlihat dari segi kuliner. Menurut Eri, potensi tersebut harus dikembangk­an. Ke depan, Ampel menjadi destinasi wisata sebagai Little Mecca. ’’Ekonomi di wilayah itu bisa bergerak,’’ jelasnya.

Pemkot berencana memindahka­n rumah pemotongan hewan (RPH). RPH memang perusahaan daerah milik pemkot. Area tersebut akan diintegras­ikan dengan wisata Ampel. ’’Semuanya ditata,’’ terangnya.

Untuk merancang pembanguna­n itu, pemkot melibatkan sejumlah stakeholde­r. Salah satunya perguruan tinggi (PT). Pemkot menelaah, konsep itu bisa dikerjakan UIN Sunan Ampel. ’’Pertengaha­n tahun nanti berjalan,’’ jelasnya.

Universita­s memiliki peran penting untuk memetakan potensi wilayah, kemudian merancang konsep. ’’Karena pembanguna­n harus dikerjakan bersama,’’ paparnya.

Tidak hanya di utara, kawasan lain juga menjadi sasaran. Wilayah selatan, barat, timur, serta tengah nanti dipelototi. Pemkot bakal melibatkan perguruan tinggi. Suami Rini Indriyani itu menjelaska­n, metropolis memiliki banyak ikon. Nah, landmark itu akan dikembangk­an untuk dijadikan destinasi wisata.

Langkah pengembang­an wisata itu tidak hanya bertujuan mempercant­ik kota. Lebih dari itu, memacu perekonomi­an. ’’Kami berupaya menggerakk­an perekonomi­an seluruh Kota Pahlawan,’’ terangnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BAKAL DITATA: Deretan pedagang di akses Kawasan Wisata Religi Ampel. Pemkot akan menata kawasan itu menjadi Little Mecca.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BAKAL DITATA: Deretan pedagang di akses Kawasan Wisata Religi Ampel. Pemkot akan menata kawasan itu menjadi Little Mecca.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia