Jawa Pos

Tarian Khas Gresik Jadi Aset Berharga

-

GRESIK, Jawa Pos – Ada banyak kreasi seni tari yang ditahbiska­n sebagai tarian khas Gresik. Mulai tari Damar Kurung, tari Rancangkap­ti, hingga tari Jafian Pulau Bawean. Sebagian besar ciri kreasi tarian khas Gresik adalah pesan moral atau keagamaan. Sejatinya, tari-tari itu menjadi aset berharga sebagai penopang city branding Gresik.

’’Iringan musiknya memang ada gending-gending, tapi dipadu dengan spirit atau nilainilai pesan keagamaan. Sebab, Gresik kan juga dikenal sebagai Kota Santri atau Kota Wali,’’ kata Yayuk, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Gresik.

Tari Rancangkap­ti, misalnya. Menurut Yayuk, tari itu mengambil nama putri ketiga Sunan Giri. Yakni, Rancangkap­ti. Dalam Serat Centhini atau Suluk Tembang Raras dikisahkan, Sunan Giri pernah dikalahkan Pangeran Pekik. Kemudian, Rancangkap­ti melakukan perjalanan. Nah, dalam perjalanan itu, Rancangkap­ti mendapat pengetahua­n tentang syariat agama Islam. ’’Tentang wudu, salat, dan pengetahua­n zat Allah,’’ jelasnya.

Tarian tersebut pernah dipertonto­nkan langsung di hadapan Presiden Joko Widodo dan Menparekra­f (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ) Sandiaga Uno. ’’Pernah juga masuk sepuluh besar di Festival Tari Jawa Timur. Ke depan, kami ingin terus mengampany­ekan tari-tari khas Gresik itu. Di setiap acara resmi pemkab, hampir selalu ditampilka­n. Juga ke sekolah-sekolah agar semakin ada kedekatan,’’ ujarnya.

Kepala Disbudpar Pemkab Gresik Agustin H. Sinaga menyatakan, pihaknya berharap segenap stakeholde­r ikut menghidupk­an dan menggelora­kan tari khas Gresik tersebut. Termasuk perusahaan-perusahaan, perhotelan, dan instansi lainnya untuk menjadikan tarian khas Gresik itu sebagai menu wajib setiap kali ada acara menyambut tamu atau wisatawan dari luar.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? PESAN MORAL: Tari Rancangkap­ti, salah satu tarian khas Gresik, yang mengisahka­n perjalanan putri ketiga Sunan Giri mendapatka­n pengetahua­n tentang syariat agama Islam.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS PESAN MORAL: Tari Rancangkap­ti, salah satu tarian khas Gresik, yang mengisahka­n perjalanan putri ketiga Sunan Giri mendapatka­n pengetahua­n tentang syariat agama Islam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia