Jawa Pos

Dispendik Mulai Matangkan Lagi Rencana PTM

-

GRESIK, Jawa Pos – Rencana pelaksanaa­n pembelajar­an tatap muka (PTM) kembali dimatangka­n. Awalnya Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemkab Gresik merencanak­an PTM dimulai pada 4 Januari lalu. Namun, ternyata persebaran Covid-19 kembali meningkat. Rencana itu pun ditunda.

Sejalan persebaran yang mulai terkendali dan program vaksinasi yang terus berlangsun­g, kini pembahasan PTM mengemuka lagi. Apalagi, beberapa hari lalu Dispendik Pemkab Gresik juga telah menggelar rapat virtual bersama empat menteri. Pemerintah pusat memberikan sinyal izin PTM terbatas.

Untuk menindakla­njuti surat keputusan bersama (SKB) empat menteri itu, Senin lusa (5/4) dispendik bersama satgas

Covid-19 mengadakan rapat lanjutan tentang pelaksanaa­n PTM terbatas.

Kepala Dispendik Pemkab Gresik Mahin mengatakan, Perbup 50/2020 tentang PTM sudah disahkan akhir tahun lalu. Namun, tentu masih dibutuhkan koordinasi lebih lanjut. Sejauh ini, pihaknya terus melakukan persiapan untuk pelaksanaa­n PTM. ’’Kami juga sudah melaksanak­an sosialisas­i dan simulasi untuk menyambut PTM,’’ ujarnya.

Yang jelas, pihaknya menyambut positif izin belajar-mengajar bisa tatap muka. Namun, untuk sementara ini yang diajukan bisa PTM adalah pelaksanaa­n ujian akhir sekolah (UAS).

Sebelum SKB empat menteri, dispendik sebetulnya juga meminta izin ke satgas Covid-19 agar bisa melaksanak­an UAS secara tatap muka. Yakni, pada 19 April nanti.

’’Rencana kami, yang tatap muka hanya UAS dulu. Kebijakan itu sekaligus sebagai simulasi sebelum PTM semua. Tapi, dari hasil SKB empat menteri, bisa PTM terbatas,” katanya.

Mengacu rapat SKB empat menteri itu, lanjut Mahin, pelaksanaa­n PTM dimulai Juli mendatang. Kendati demikian, dispendik tetap menunggu rapat koordinasi pada Senin lusa itu. Apakah sekolah-sekolah sudah diizinkan PTM semua atau hanya terbatas. ’’Yang pasti, secara keseluruha­n, kami sudah siap. Termasuk regulasiny­a,” tutur Mahin.

 ?? ISTIMEWA ?? SUDAH SIAP: Ully Nico Afinta, istri Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, meninjau pelaksanaa­n simulasi PTM di SLB Kemala Bhayangkar­i 2 Gresik pada Selasa (30/3).
ISTIMEWA SUDAH SIAP: Ully Nico Afinta, istri Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, meninjau pelaksanaa­n simulasi PTM di SLB Kemala Bhayangkar­i 2 Gresik pada Selasa (30/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia