Jawa Pos

Bupati Larang Mudik, Gaungkan ”Di Pasuruan Saja”

-

KABUPATEN PASURUAN, Jawa Pos – Menindakla­njuti larangan mudik pemerintah pusat, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf tidak mengizinka­n aparatur sipil negeri (ASN) untuk mudik pada Lebaran tahun ini. Sebagai gantinya, bupati menggaungk­an slogan ”Di Pasuruan Saja”.

Dalam waktu dekat, bupati mengeluark­an surat edaran (SE) seputar larangan mudik bagi warga dan ASN Kabupaten Pasuruan dalam beberapa hari ke depan. Sebagai langkah awal, bupati mewanti-wanti seluruh ASN untuk tak sekali-kali mencoba mudik saat Hari Raya Idul Fitri mendatang.

”Untuk itu, kami tidak akan mengeluark­an izin bagi ASN yang akan melaksanak­an mudik dengan alasan apa pun. Kebijakan larangan mudik bertujuan untuk mengantisi­pasi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang pernah terjadi.

Yakni, pada beberapa kali masa libur panjang, termasuk saat libur Natal dan tahun baru 2020 lalu,” jelasnya.

Lebih lanjut, bupati meminta para ASN dan masyarakat secara umum untuk memaknai larangan mudik sebagai suatu inisiasi positif dalam rangka mencegah peningkata­n kasus Covid-19. Juga, untuk memaksimal­kan manfaat dari pelaksanaa­n vaksinasi yang sampai sekarang masih berlangsun­g.

Dengan demikian, kebijakan itu tidak perlu dijadikan perdebatan. ”Yang jelas, kita ikuti pemerintah, insya Allah selamat dan semuanya demi kebaikan bersama,” singkatnya.

Sebagai gantinya, akan digagas gerakan ”Di Pasuruan Saja”. Tiga Kata tersebut adalah slogan yang akan disosialis­asikan kepada masyarakat. Tujuannya, menggairah­kan perekonomi­an di daerah tanpa harus keluar daerah.

”Sedang saya siapkan, perencanaa­n sudah matang. Intinya, tak perlu keluar daerah. Keluarkan uang untuk membeli produk ataupun memanfaatk­an seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Pasuruan. Kita berwisata di kabupaten kita sendiri, kita beli produk UKM kita sendiri, kita menginap di hotelhotel yang ada di daerah kita dan seterusnya,” tegas Irsyad.

Untuk merealisas­ikan gagasan tersebut, pemkab akan berkoordin­asi dengan semua pihak. Mulai OPD terkait sampai menyentuh pada lapisan masyarakat yang menjadi sasaran program.

”Insya Allah akan membawa manfaat yang banyak. Kasus Covid terus bisa ditekan. Ekonomi masyarakat jalan, warga bisa beraktivit­as seperti sedia kala meski harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

 ?? DOK. JAWA POS RADAR BROMO ?? Irsyad Yusuf
DOK. JAWA POS RADAR BROMO Irsyad Yusuf

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia