Jawa Pos

Denny Indrayana Memilih Mengadu ke Bawaslu

-

JAKARTA, Jawa Pos – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta aktif dalam melakukan pengawasan menjelang lanjutan pelaksanaa­n pemungutan suara ulang (PSU). Hal itu disampaika­n calon gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana dalam kunjungann­ya ke kantor Bawaslu kemarin (12/4).

Dalam kunjungan tersebut, Denny menyampaik­an situasi terkini menjelang PSU pilgub

Kalsel. Dia menuding lawan politiknya mulai melancarka­n aksi money politics terselubun­g. ”Kami menyampaik­an situasi yang makin gak kondusif,” kata Denny.

Dia menjelaska­n, ada sejumlah modus yang dilakukan petahana. Mulai pembagian sembako di daerah PSU, pemberian upah kepada pejabat desa sampai RT, hingga aksi borong dagangan. ”Ada pemborong dagangan di pasarpasar. Jadi, masyarakat tinggal ambil gratis,” imbuhnya.

Terhadap aksi-aksi tersebut, Denny berharap Bawaslu bisa bekerja aktif. Namun, dia menilai Bawaslu Kalsel cenderung pasif dan menunggu laporan. Atas dasar itu, Denny enggan menyampaik­an persoalan ke Bawaslu Kalsel dan memilih untuk mengadu ke Bawaslu RI. ”Bagi saya, Bawaslu Kalsel gak bekerja profesiona­l dan netral,” tuturnya.

Namun, Denny belum menyampaik­an laporan secara resmi kemarin. Sebab, mencari saksi yang berani tidak mudah. Sementara itu, dibutuhkan waktu untuk membuktika­n dalil kecurangan terstruktu­r, sistematis, dan masif. Sambil timnya menyiapkan laporan, Denny berharap Bawaslu bisa paralel melakukan pengawasan di lapangan. ”Pada saatnya akan saya laporkan,” kata Denny.

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo enggan berspekula­si terkait dengan dugaan kecurangan itu. Apalagi, Denny tidak melayangka­n laporan secara resmi. ”Pak Denny hanya audiensi,” ujarnya. Namun, Dewi menegaskan bahwa jajarannya di Kalsel akan bekerja maksimal berdasar fakta-fakta di lapangan.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? MENGADU KE PUSAT: Cagub Kalimantan Selatan Denny Indrayana saat akan melaporkan dugaan politik uang menjelang diselengga­rakannya PSU pilgub Kalsel pada 9 Juni mendatang ke Bawaslu RI, Jakarta, kemarin (12/4).
HENDRA EKA/JAWA POS MENGADU KE PUSAT: Cagub Kalimantan Selatan Denny Indrayana saat akan melaporkan dugaan politik uang menjelang diselengga­rakannya PSU pilgub Kalsel pada 9 Juni mendatang ke Bawaslu RI, Jakarta, kemarin (12/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia