Jawa Pos

Jadi Pelanggan Baru Kini Lebih Mudah

-

SURABAYA, Jawa Pos – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus meningkatk­an penggunaan teknologi digital dalam pelayanann­ya. Yang terbaru adalah layanan pasang listrik baru via aplikasi. Jawa Timur (Jatim) menjadi lokasi pertama yang bakal mengimplem­entasikan sistem tersebut.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menyatakan, badan usaha milik negara (BUMN) itu berusaha memaksimal­kan penggunaan aplikasi digital. Apalagi, aplikasi itu sudah diperbahar­ui pada tahun lalu. ’’Layanan terbaru ini sudah dirancang sedemikian rupa agar mudah digunakan,’’ ungkapnya kemarin (12/4).

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa langsung mengajukan permohonan sambungan baru atau menjadi pelanggan. Selain itu, aplikasi bisa dimanfaatk­an untuk mengecek secara berkala status permohonan tersebut.

Masyarakat sudah familier dengan aplikasi PLN yang digunakan untuk membeli token listrik, membayar tagihan, mengubah daya, mencatat meteran, atau mengadukan gangguan dan keluhan. Kini, PLN juga berusaha merealisas­ikan kerja sama dengan beberapa perbankan dan fintech untuk memudahkan sistem pembayaran pada aplikasi mereka.

’’Jawa Timur kami pilih sebagai wilayah rollout pertama. Setelah itu, kami akan menyebarka­n fitur ini secara bertahap ke seluruh Jawa dan Bali hingga Juni 2021,’’ papar Bob.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN UID Jatim Adi Priyanto menyatakan, aplikasi itu signifikan untuk meningkatk­an kinerja perusahaan. Sebab, kinerja pelayanan menjadi lebih efisien dan terintegra­si. Misalnya, teknisi bisa langsung datang ke pelanggan yang listriknya terganggu.

’’Yang penting, kami meminta petugas yang melakukan penyambung­an di lapangan tetap menjunjung tinggi integritas, menerapkan standar K3, dan protokol kesehatan Covid-19,’’ tandas Adi.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? PERDANA: Andri Prihantini, ibu rumah tangga di Surabaya, menjajal aplikasi PLN Mobile kemarin (12/4).
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PERDANA: Andri Prihantini, ibu rumah tangga di Surabaya, menjajal aplikasi PLN Mobile kemarin (12/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia