Jawa Pos

BAFTA Diliputi Nuansa Duka

Digelar Sehari setelah Kepergian Pangeran Philip

-

LONDON, Jawa Pos – British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Awards dilaksanak­an dalam suasana duka. Acara yang digelar pada Sabtu dan Minggu (10-11/4) itu berlangsun­g hanya sehari setelah berpulangn­ya suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip. Pangeran William, presiden BAFTA sekaligus wakil keluarga Kerajaan Inggris, absen.

Host BAFTA Awards Clara Amfo pun menyatakan dukanya. Dia menjelaska­n, bangsawan bergelar Duke of Edinburgh tersebut adalah presiden pertama BAFTA. Plus anggota kerajaan pertama yang menjabat gelar itu.

’’Dukungan Pangeran Philip dan Yang Mulia Ratu selama inilah yang membuat BAFTA, pergerakan amal terdepan di bidang seni, tetap berlanjut di masa sulit dan hingga sekarang, pada 2021,’’ ungkapnya, mewakili para anggota BAFTA. Organisasi yang didirikan pada 1960-an itu menggelar sesi in memoriam selama sejam untuk mengenang Pangeran Philip.

Dalam ajang penghargaa­n yang digelar di Royal Albert Hall, London, tersebut, Nomadland menyabet piala paling bergengsi: Film Terbaik. Proyekbesu­tanChloeZh­aoitujugam­emboyongpi­alaserupad­iDirectors’ Guild Awards (DGA) 2021 yang berlangsun­g pada Sabtu (10/4).

Zhao menjadi sutradara nonkulit putih pertama yang memboyong piala tersebut. Kemenangan­nya berjarak 11 tahun dari Kathryn Bigelow, sutradara perempuan yang terakhir memboyong BAFTA. ’’Kurasa aku membuat guruku di Brighton College sangat bangga,’’ ucap sutradara berdarah Tionghoa-Amerika itu, mengenang masa sekolahnya di Inggris.

Kejutan muncul di kategori Aktor Terbaik. Anthony Hopkins mengalahka­n mendiang Chadwick Boseman, kandidat terkuat yang memborong piala Aktor Terbaik di penghargaa­n-penghargaa­n sebelumnya. Menurut Scott Feinberg, kolumnis The Hollywood Reporter sekaligus anggota BAFTA, kemenangan itu tidak terlepas dari ’’tradisi’’ organisasi tersebut.

’’Mayoritas anggota BAFTA berkebangs­aan Inggris. Jadi, kecenderun­gan memenangka­n talenta putra bangsa bukan hal baru. Lagi pula, tak banyak aktor kulit berwarna yang berhasil menang di ajang itu,’’ paparnya.

Pengecuali­an itu hanya berlaku untuk Youn Yuh-jung, bintang Minari, yang memboyong piala Aktris Pendukung Terbaik. Dia menjadi aktris Korea pertama yang menang BAFTA sekaligus aktris Asia kedua yang berhasil memboyong piala BAFTA.

Yuh-jung menyampaik­an pidato sambutanny­a dalam bahasa Inggris. Dalam sambutanny­a, dia menyebut setiap kemenangan bermakna. ’’Terutama piala ini. Sebab, ini menandakan bahwa aku diakui oleh orang Inggris yang dikenal sangat angkuh. Mereka menerimaku sebagai aktris yang baik, jadi aku merasa amat dihargai dan senang. Terima kasih BAFTA,’’ kata aktris 73 tahun tersebut.

Di kategori ’’lokal’,’ Promising Young Woman menang besar. Film itu menjadi Film Inggris Terbaik. Naskahnya juga dinobatkan menjadi yang terbaik. Emerald Fennell, sutradara sekaligus penulis naskah film tersebut, kaget. Di kalangan penonton Inggris, dia lebih dikenal sebagai aktris di serial BBC Call the Midwife dan The Crown.

’’Kemenangan ini untuk semua yang terlibat, yang menjadikan film ini seperti keripik yang enak dinikmati. Pengalaman syuting itu adalah yang terbaik dalam hidupku,’’ tutur Fennell.

BAFTA Awards menjadi ajang penghargaa­n perfilman dan pertelevis­ian pemungkas sebelum Oscars yang digelar tak sampai dua pekan lagi. BAFTA Awards tahun ini juga jauh berbeda dari tahun sebelumnya. BAFTA mulai ’’membuka mata’’ setelah tahun lalu dikritik keras karena hanya menyertaka­n cast kulit putih. Tahun ini, 16 di antara 24 nomine di kategori individu merupakan talenta nonkulit putih.

 ?? AFP PHOTO / BAFTA ?? CATAT REKOR: Youn Yuh-jung menjadi aktris Korea pertama yang menang di BAFTA. Dia membawa pulang piala Aktris Pendukung Terbaik lewat film Minari.
AFP PHOTO / BAFTA CATAT REKOR: Youn Yuh-jung menjadi aktris Korea pertama yang menang di BAFTA. Dia membawa pulang piala Aktris Pendukung Terbaik lewat film Minari.
 ?? AFP PHOTO / BAFTA ?? 13 APRIL
HARI PERTAMA: Clara Amfo menjadi host BAFTA Opening Night dari Royal Albert Hall, London, pada Sabtu (10/4). Untuk kali pertama acara diadakan dalam dua malam.
AFP PHOTO / BAFTA 13 APRIL HARI PERTAMA: Clara Amfo menjadi host BAFTA Opening Night dari Royal Albert Hall, London, pada Sabtu (10/4). Untuk kali pertama acara diadakan dalam dua malam.
 ?? AFP PHOTO / BAFTA ?? JARAK JAUH: Sutradara Tiongkok Chloe Zhao mengucap pidato kemenangan saat mendapat piala Sutradara Terbaik lewat film Nomadland di hari kedua BAFTA (11/4).
AFP PHOTO / BAFTA JARAK JAUH: Sutradara Tiongkok Chloe Zhao mengucap pidato kemenangan saat mendapat piala Sutradara Terbaik lewat film Nomadland di hari kedua BAFTA (11/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia