Jawa Pos

Pemprov Usulkan 1.586 Formasi

Jelang Pelaksanaa­n Seleksi CPNS

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jika tak ada perubahan, pelaksanaa­n tahapan seleksi CPNS bakal dimulai Mei mendatang. Termasuk di Jatim. Namun, hingga kini, jatah formasi yang dibuka dalam seleksi nanti belum ditetapkan pusat.

Meski demikian, pemprov telah melayangka­n usulan formasi yang diajukan pada seleksi CPNS tahun ini. Total, ada 1.586 formasi yang diajukan. Jumlah itu belum termasuk usulan formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

”Kami belum bisa membahas soal potensi kuota yang disetujui oleh pusat. Kami masih menunggu penetapan BKN (Badan Kepegawaia­n Nasional, Red),” kata Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Jatim Nurkholis.

Dia menjelaska­n, pemprov sudah melayangka­n usulan jumlah formasi ke Kementeria­n PAN-RB. Pengajuan itu meliputi formasi CPNS dan PPPK. Totalnya mencapai 16.398. Angka tersebut terdiri atas 1.586 formasi CPNS 2021 dan 14.812 formasi PPPK.

Formasi CPNS terdiri atas 665 tenaga kesehatan dan 921 tenaga teknis. Tidak ada tenaga pengajar. Sebagai gantinya, formasi tenaga pengajar diambilkan dari PPPK. Jumlahnya mencapai 13.787 formasi. Sisanya untuk tenaga kesehatan (684 formasi) dan tenaga teknis (341 formasi).

Nurkholis menegaskan, jumlah tersebut masih usulan. Formasi resmi akan disampaika­n BKN. Karena itu, dia belum berani menyebutka­n jumlah formasi yang disetujui. ”Lebih baik ditunggu angka pastinya saja,’’ucapnya.

Kabar rencana seleksi CPNS 2021 sudah disampaika­n pemerintah pusat.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon peserta tes tersebut. Antara lain, pendaftara­n, verifikasi administra­si, verifikasi faktual, dan serangkaia­n tes. Pelaksanaa­n tes terdiri atas beberapa tahapan. Salah satunya, tes kemampuan dasar hingga kemampuan bidang.

Tahapan-tahapan itu berlangsun­g secara online. Sistem tersebut diterapkan pemerintah untuk mengantisi­pasi kecurangan pelaksanaa­n seleksi CPNS. Menurut rencana, pendaftara­n melalui online dibuka per Mei mendatang. Karena itu, masyarakat yang ingin mengikuti seleksi harus menyiapkan diri.

Pada CPNS 2019, pemerintah provinsi Jawa Timur mendapat kuota 1.817 formasi. Dari jumlah tersebut, porsi tenaga pendidik paling banyak. Yakni, 1.133 formasi. Formasi tenaga teknis juga cukup besar, mencapai 362 formasi. Disusul formasi tenaga kesehatan yang mencapai 332 formasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia