Jawa Pos

Temukan Satu Kasus, Langsung Tes 50 Orang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Antisipasi persebaran virus SARS-CoV-2 dilakukan cepat oleh Kelurahan Medokan Ayu. Mereka akan melakukan tes Covid-19 terhadap 50 orang. Langkah tracing itu dilakukan setelah satgas Covid-19 mendapati satu warga yang terpapar.

Merujuk penelusura­n tim satgas, warga tersebut tinggal di Jalan Medayu Utara XIII. Pria berinisial YN tersebut mengalami gejala setelah berkontak dengan teman kantor. Pada akhir bulan lalu, dia menjalani tes swab PCR di sebuah laboratori­um. Hasilnya positif. Setelah itu, YN melakukan pemeriksaa­n kembali pada 7 April di klinik. Hasilnya pun sama. Karena hal itu, YN melakukan isolasi mandiri saat ini. Dia tinggal bersama seorang istri dan dua anaknya.

Ketua Kelurahan Siaga Bencana (KSB) Medokan Ayu Mikhael Markus menyatakan, pihak puskesmas sudah menjadwalk­an tes Covid-19 bukan saja kepada anggota keluarga, melainkan juga kepada warga yang pernah berkontak dengan warga yang terpapar dalam beberapa hari lalu.

Berdasar hasil tracing puskesmas, setidaknya ada 47 orang yang tinggal di sekitar tempat tinggal pasien yang dijadwalka­n ikut tes. ”Jadi, total ada 50 orang yang akan menjalani tes yang rencananya berlangsun­g besok (hari ini, Red),” kata Markus.

Dia menerangka­n, hingga saat ini kasus di Medokan Ayu relatif turun. Hanya 9 pasien dari semula yang mencapai belasan. ”Hal itu karena masyarakat sudah semakin sadar tentang prokes. Di samping itu, mereka juga berinisiat­if melapor jika mengalami keluhan sehingga bisa segera ditangani,” ujarnya.

Pelacakan yang dilakukan kemarin, kata dia, merupakan bagian dari menekan persebaran. ”Begitu ada kasus, tim segera turun tangan. Terutama mendata warga yang mengalami kontak erat dengan pasien,” tuturnya.

 ?? FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS ?? CEGAH PERSEBARAN: Satgas Covid-19 Kelurahan Medokan Ayu melakukan pelacakan di Medayu Utara XIII kemarin.
FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS CEGAH PERSEBARAN: Satgas Covid-19 Kelurahan Medokan Ayu melakukan pelacakan di Medayu Utara XIII kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia