Jawa Pos

Kenalkan Budaya Papua Lebih Luas

-

SURABAYA, Jawa Pos - Budaya Indonesia yang sangat kaya memberikan kelebihan tersendiri bagi masyarakat­nya. Hal itu juga dirasakan para desainer Indonesia. Indah Darry, misalnya. Bersama teman seorganisa­sinya, Rosaline Rumaseuw, dia membuat koleksi fashion baru yang mengusung tema budaya Papua. Mereka menamainya Mutiara di Timur.

Desainnya dibuat dengan dominasi warna hitam. Kemudian diberi detail motif yang berbeda-beda. Salah satunya adalah motif dengan lukisan cidako. ”Lukisan ini bermakna sangat dalam,” jelas Indah memperkena­lkan motif-motif khas Papua saat show di Surabaya.

Dia menjelaska­n, lukisan tersebut menjadi sebuah perlambang­an dari keberanian, keteguhan, dan kesetiaan. Namun, di balik makna perlambang­an tersebut, ada pesan dalam yang ingin disampaika­n. ”Kita boleh melanglang buana ke mana saja. Tapi, kita tetap tidak boleh melupakan jati diri kita,” ujarnya. Dari mana seseorang itu berasal menjadi hal yang penting untuk diingat. ”Kayak kita yang ke mana pun, ya tetap berasal dari orang timur,” sambungnya.

Selain motif lukisan cidako, ada motif tifa dan kerang. ”Kalau motif tifa, itu berasal dari salah satu alat musik tradisiona­l Papua,” jelas Indah lagi. Motif-motif yang mewakili budaya Papua itu pun tidak hanya berhenti perkenalan­nya di Surabaya, tetapi juga akan dibawa ke New York Fashion Week pada September mendatang. Yang rencananya di-show-kan di Konsulat RI New York dan New York City Live Fashion Week.

Ide untuk mengusung budaya Papua lewat fashion diceritaka­nnya berawal dari dirinya dan Rosaline yang awalnya adalah salah satu customerny­a.

 ?? INDAH DARRY FOR JAWA POS ?? DESAIN: Indah Darry (kiri) bersama Rosaline (kanan) mengenalka­n motif khas Papua buatan mereka saat show di Surabaya yang juga akan dibawa ke New York Fashion Week September mendatang.
INDAH DARRY FOR JAWA POS DESAIN: Indah Darry (kiri) bersama Rosaline (kanan) mengenalka­n motif khas Papua buatan mereka saat show di Surabaya yang juga akan dibawa ke New York Fashion Week September mendatang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia