Jawa Pos

Teruji Klinis, Izin Edar Ada Kemenkes

Selama pandemi Covid-19, salah satu upaya untuk mencegah penularan adalah menggunaka­n masker. Namun, beredarnya kabar tentang masker palsu atau tak sesuai dengan standar membuat seseorang rentan tertular virus SARS-CoV-2.

-

PERCEPATAN vaksinasi terus berlanjut. Meski nanti sudah divaksin, masyarakat diimbau tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satunya, tetap menggunaka­n masker.

Pada awal pandemi terjadi kelangkaan ketersedia­an masker medis. Dilansir laman resmi Kementeria­n Kesehatan (Kemenkes), selama setahun lebih pandemi Covid-19, sudah ada 996 industri masker medis yang memiliki nomor izin edar dari Kemenkes.

Kemenkes mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam memilih masker. Sebab, saat ini telah beredar masker palsu yang dapat meningkatk­an kerentanan penularan virus SARS-CoV-2. Ketika produk masker sudah mendapatka­n izin edar dari Kemenkes, masker tersebut telah memenuhi persyarata­n mutu keamanan dan manfaat. Di antaranya, telah lulus uji bacterial

filtration efficiency (BFE), particle filtration

efficiency (PFE), dan breathing resistance sebagai syarat untuk mencegah masuk dan penularan virus serta bakteri.

Karena itu, untuk menghindar­i kesalahan dalam memilih masker medis, tenaga kesehatan dan masyarakat diimbau membeli masker medis yang sudah memiliki izin edar alat kesehatan dari Kemenkes. Izin edar biasanya tercantum pada kemasan. Untuk lebih memastikan­nya, masyarakat bisa mengecek di infoalkes.kemkes.go.id.

Sementara itu, Direktur PT Medishop Indonesia Sehat Audi Pascalis Umboh menyampaik­an, masyarakat sering memiliki

mindset bahwa masker yang asli harus tebal. ’’Padahal, ketebalan tidak terlalu berpengaru­h. Yang berpengaru­h adalah filtrasiny­a. Untuk mengukur filtrasi ini, memang harus dibawa ke laboratori­um,’’ ungkapnya saat ditemui pada Jumat siang (9/4).

Dia menyampaik­an bahwa masker memiliki standar sendiri. Sesuai dengan standar internasio­nal, masker minimal memiliki tingkat filtrasi 95 persen. Namun, dari penelusura­n, ditemukan sejumlah masker tanpa sertifikas­i dengan tingkat filtrasi 81, 80, dan 90 persen. ’’Menurut kami, itulah definisi masker palsu. Tidak memenuhi standar filtrasi minimal 95 persen,’’ jelasnya.

Selain itu, masker yang aman memiliki standar kemudahan bernapas <5. ’’Di pasaran ada yang 15 atau 20. Jadi, maskernya pengap,’’ ucapnya.

Audi memaparkan, pada umumnya ada dua parameter masker. Yakni, memudahkan penggunany­a bernapas dan filtrasiny­a sesuai dengan standar. Sementara itu, di lapangan sering ditemukan masker yang nyaman digunakan bernapas, tapi filtrasiny­a kurang bagus. Atau filtrasiny­a bagus, tapi pengap.

’’Yang bagus adalah penyaringn­ya bagus dan untuk bernapas juga bagus,’’ katanya. Jika tingkat kemudahan bernapas dan filtrasiny­a tidak memenuhi standar, dapat dipastikan masker itu abal-abal.

Masker impor abal-abal yang kerap dibeli masyarakat secara online dapat diamati dengan mudah dari keterangan yang ada di boks. Apakah ada alamat lengkap perusahaan importir dan apakah ada nomor izin edar alat kesehatan (AKL).

Perhatikan juga apakah ada keterangan atau tulisan surgical-nya atau tidak dan apakah menerangka­n medis atau nonmedis. Dari kemasannya saja dapat dilihat dan dinilai apakah masker tanpa merek yang jelas tersebut memenuhi standar kelayakan atau tidak.

Secara kasatmata, kata Audi, memang sulit membedakan masker yang asli atau memenuhi standar dengan masker abalabal. ’’Harus ada uji laboratori­umnya. Justru karena sangat susah membedakan yang asli dan palsu secara kasatmata, penjual masker abal-abal mencari celah di sana. Pembeli akhirnya membeli yang asal murah. Namun, kalau dilihat dari bahan, sebenarnya juga sudah terlihat berbeda kok,’’ terangnya.

 ?? SUGENG DEAS/JAWA POS SUGENG DEAS/JAWA POS ?? SESUAI KEBUTUHAN: VF99 dan Vio99 tersedia dalam dua jenis, yakni earloop dan headloop.
HIGIENIS:
Setiap boks masker PT Medishop Indonesia Sehat dilengkapi dengan segel hologram.
SESUAI STANDAR: Packaging masker VF99 jadi satu dengan boksnya saat dikirim online. Berbeda dengan masker palsu yang banyak dikemas dalam plastik, terpisah dengan boks saat dikirim melalui online.
SUGENG DEAS/JAWA POS SUGENG DEAS/JAWA POS SESUAI KEBUTUHAN: VF99 dan Vio99 tersedia dalam dua jenis, yakni earloop dan headloop. HIGIENIS: Setiap boks masker PT Medishop Indonesia Sehat dilengkapi dengan segel hologram. SESUAI STANDAR: Packaging masker VF99 jadi satu dengan boksnya saat dikirim online. Berbeda dengan masker palsu yang banyak dikemas dalam plastik, terpisah dengan boks saat dikirim melalui online.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia