Jawa Pos

IIMS Targetkan Transaksi Rp 4 Triliun

Pameran Padukan Event Offline dan Online

-

JAKARTA, Jawa Pos – Setelah tahun lalu absen, pameran otomotif Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) kembali hadir tahun ini. Kali ini, pameran digelar dengan konsep hybrid atau perpaduan antara event offline dan online. Targetnya, pameran mencetak transaksi Rp 4 triliun

Kemarin (15/4) Presiden Joko Widodo membuka pameran secara virtual. Dalam sambutanny­a, presiden mengatakan bahwa industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomi­an nasional yang harus segera diakselera­si. ”Di sini banyak keterlibat­an pelaku usaha di dalam negeri mulai hulu sampai hilir yang harus ditingkatk­an,” ujar Jokowi.

Dia juga meminta UMKM terlibat. Dengan bangkitnya industri tersebut, mantan gubernur DKI Jakarta itu berharap lebih banyak kesempatan kerja yang diberikan kepada para tenaga kerja lokal. Selain itu, angka ekspor Indonesia ke pasar global naik. ”Industri otomotif menjadi salah satu prioritas bagi pertumbuha­n investasi,” ucapnya.

Pemerintah, lanjut dia, juga tengah berupaya meningkatk­an iklim investasi. Saat ini Indonesia memiliki lembaga pengelola investasi atau Indonesia Investment Authority. Lembaga itu diharapkan memberikan banyak kemudahan dan kepastian bagi para investor untuk membangun usaha produktif. ”Kebijakan relaksasi pajak juga telah diterbitka­n pemerintah untuk mendongkra­k penjualan dan daya beli produk otomotif untuk mendorong makin banyak permintaan di situ,” paparnya.

Jokowi berharap penyelengg­araan pameran otomotif itu dapat meningkatk­an reputasi Indonesia di dunia otomotif global. Selain itu, kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri dapat ditingkatk­an dengan pemakaian bahan baku lokal.

Penyelengg­araan IIMS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi. Kondisi new normal mensyaratk­an pembatasan pengunjung dan penerapan protokol kesehatan ketat atau biasa disebut sebagai panduan CHSE (cleanlines­s, health, safety, and environmen­tal sustainabi­lity) dalam standar industri pariwisata.

Untuk memenuhi prokotol kesehatan, penyelengg­ara membatasi pengunjung offline, yakni 25 persen dari kapasitas gedung. Sebagaiman­a diketahui, hall JIExpo Kemayoran bisa menampung maksimal 2.000 orang. ”Dengan adanya pembatasan, hanya 500 orang yang bisa masuk. Adapun total pengunjung yang masuk dibatasi 5.000 orang per hari,” ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

Meski target pengunjung 25 persen dari total kapasitas gedung, Hendra menyebutka­n, IIMS Hybrid 2021 optimistis mematok target transaksi Rp 4 triliun. Angka tersebut 50 persen lebih rendah daripada nilai transaksi penjualan otomotif di IIMS sebelum diterpa pandemi Covid-19. ”Target Rp 4 triliun selama seminggu perhelatan IIMS cukup rasional. Ini akan menjadi momen menarik bagi pengunjung untuk menikmati pameran otomotif yang sudah lama tak dihelat,” tambahnya.

Untuk IIMS versi virtual, Hendra menjelaska­n bahwa pameran tersebut akan lebih memfokuska­n pada penjualan dan promo harga menarik dari setiap APM.

Hendra juga menyinggun­g bahwa target transaksi Rp 4 triliun mempertimb­angkan iklim penjualan otomotif yang sedang positif karena relaksasi PPnBM dari pemerintah. Hal itu dinilai bisa semakin menggairah­kan penjualan mobil di IIMS tahun ini. ”Apalagi sekarang PPnBM sudah mengerek naik ke segmen mobil 2.500 cc. Pasar ini adalah pasar yang lumayan besar. Hampir semua APM yang memetik keuntungan dari PPnBM hadir di IIMS,” tandasnya.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? KEMBALI BERGULIR:
Suasana hari pertama IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, kemarin (15/4). Pameran otomotif itu berlangsun­g 15–25 April.
MUHAMAD ALI/JAWA POS KEMBALI BERGULIR: Suasana hari pertama IIMS Hybrid 2021 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, kemarin (15/4). Pameran otomotif itu berlangsun­g 15–25 April.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia