Jawa Pos

Fokus Pengembang­an Wilayah Selatan

Dari Musrenbang Jatim Tahun 2022

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pemprov mulai menyiapkan program-program yang bakal digulirkan pada 2022. Tercatat ada tiga sektor yang jadi prioritas utama.

Hal tersebut terungkap di sela-sela musyawarah rencana pembanguna­n (musrenbang) provinsi tahun 2022 yang berlangsun­g di Surabaya kemarin. Tiga sektor prioritas itu adalah pengembang­an wilayah selatan Jatim, sektor kesehatan, serta pengembang­an sumber daya manusia (SDM).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaska­n, ada sejumlah langkah strategis yang harus diambil untuk memulihkan situasi akibat pandemi virus korona. Di antaranya, yang jadi prioritas adalah pemulihan ekonomi dan pembanguna­n infrastruk­tur wilayah selatan. Sebab, infrastruk­tur akan menunjang jalur perdaganga­n di wilayah tersebut. ’’Ini langkah penting yang harus disegeraka­n,’’ ucapnya.

Indikator lain yang harus dikuatkan adalah kualitas SDM. Sebab, Jatim memiliki bonus demografi yang cukup tinggi. Di sisi lain, wabah Covid-19 belum selesai. ”Karena itu, sektor kesehatan tetap prioritas. Semua harus berjalan bersama sehingga tagline Jatim Bangkit bisa terlaksana,’’ ucapnya.

Dalam musrenbang tersebut, pemprov membeberka­n sejumlah rencana teknis dari tiga program prioritas itu. Untuk pengembang­an infrastruk­tur di selatan Jatim, ada sejumlah proyek yang segera direalisas­ikan. Mulai lanjutan penyelesai­an jalur lingkar selatan (JLS) sepanjang 140 km dan penyambung­an akses tol dari Kertosono, Kediri, Tulungagun­g, Blitar, plus dari Malang hingga Blitar. Selain itu, ada proyek jalur selingkar wilis, KEK Singosari, hingga pengembang­an kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

 ?? HUMASPROV JATIM FOR JAWA POS ?? PAPARAN: Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaik­an paparan dalam Musrenbang Provinsi Jatim Tahun 2022 kemarin.
HUMASPROV JATIM FOR JAWA POS PAPARAN: Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaik­an paparan dalam Musrenbang Provinsi Jatim Tahun 2022 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia