Jawa Pos

Pindahkan Lokasi Sekolah ke Kawasan Prospektif

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persaingan dalam mendapatka­n murid bagi sekolah swasta, tampaknya, masih berat. Termasuk bagi pengelola sekolah yang memiliki lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Persaingan yang ketat membuat pengelola memindahka­n sekolah ke lokasi lain yang dirasa lebih prospektif.

Direktur Badan Pengelola Sekolah (BPS) Labschool Surabaya M.V. Roesmining­sih mengatakan, pihaknya berencana memindahka­n PAUD di Tambaksari ke kawasan Lakarsantr­i. PAUD Labschool berdiri sejak era 1990-an. Namun seiring berkembang­nya kawasan Tambaksari, PAUD tersebut sulit bersaing dengan PAUD lain yang ada di sana.

Saat ini PAUD tersebut memiliki 30 siswa KB dan TK. Pendaftar peserta didik baru pun diperkirak­an masih sedikit. ’’Sekarang kami fokuskan untuk menyelesai­kan pendidikan dulu bagi anakanak yang sudah sekolah di sana. Nanti ketika mereka lulus, semua anak angkatan di bawahnya akan sekolah di Labschool Lidah Wetan,” kata Roesmining­sih.

Sekolah di kawasan Lidah Wetan itu menjadi sekolah terpadu. Di sana PAUD akan bergabung satu lokasi dengan SD, SMP, SMA, dan SMK. Pemindahan tersebut sudah dimulai, yakni dengan menerima siswa baru PAUD di Lidah Wetan. Sementara itu, anakanak di PAUD yang lama adalah anak-anak KB dan TK yang belajar di sana pada tahun pelajaran sebelumnya.

Menurut Roes, sapaan akrab Roesmining­sih, di Tambaksari bermuncula­n PAUD dari berbagai yayasan yang menyasar masyarakat menengah ke atas. Di Lakarsantr­i kondisinya sama. Namun, kawasan itu masih ideal untuk membangun sekolah baru maupun memindahka­n sekolah yang lama. Sebab, jarak antarsekol­ah di kawasan itu tidak begitu dekat. Kawasan tersebut juga dikeliling­i area perumahan dengan segmen menengah ke atas dan membutuhka­n sekolah yang berkualita­s.

’’Kalau di barat sini masih banyak yang butuh sekolah. Karena di sini banyak pengusaha, dosen, dokter, dan orang tua dengan berbagai latar belakang, sementara sekolahnya masih kurang. Lebih baik memang dipindahka­n saja sehingga sekolah Labschool terpusat di barat dan ada beberapa yang di selatan Surabaya,” papar Roesmining­sih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia