Jawa Pos

Penuhi Dulu Vaksin Sesuai Panduan IDAI

Jaga Kondisi Anak hingga Vaksin Covid-19 Tersedia

-

SURABAYA, Jawa Pos Hingga kini vaksin Covid-19 belum bisa disuntikka­n kepada anak-anak di Indonesia. Anakanak masih menjadi kalangan rentan sembari menunggu siapnya vaksin Covid-19.

”Sebenarnya, vaksin Covid-19 sudah ada yang bisa diberikan pada anak usia 3 tahun ke atas,’’ ucap dr Achmad Yuniari Heryana SpA. Vaksin Sinopharm digadang-gadang bisa diberikan kepada anak usia 3 tahun ke atas. Untuk usia di bawah itu, belum ada vaksin yang memenuhi syarat penelitian.

Di sisi lain, orang tua tetap didorong memenuhi kebutuhan vaksin bagi anak sesuai dengan panduan terbaru Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada 2020. Beberapa perubahan memang dilakukan dibandingk­an panduan IDAI 2017. Misalnya, pemberian vaksin hepatitis

B yang sebelumnya diberikan 4 kali menjadi 5 kali serta vaksin hepatitis A dan Japanese encephalit­is (JE) dimajukan.

”Jadi, enggak ada alasan takut ke faskes hingga menundanun­da,’’ papar pria yang akrab disapa Boy tersebut. Jika mundur dari jadwal, anak lebih rentan pada jenis-jenis penyakit lainnya.

Pemberian vaksin PCV dan influenza juga ditekankan di tengah pandemi Covid-19. Keduanya punya gejala yang erat dengan Covid-19. PCV memicu gejala pneumonia yang disebabkan bakteri pneumococc­us. ’’Jika anak sudah diberi vaksin PCV, kemungkina­n adanya infeksi ganda itu bisa dihilangka­n,’’ jelas Boy.

Infeksi ganda yang dimaksud adalah pasien anak menderita Covid-19 dan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga membuat bakteri pneumococc­us bisa berkembang.

Boy juga menekankan bahwa vaksin influenza tidak hanya diberikan saat balita. Vaksin jenis itu membutuhka­n pengulanga­n bahkan hingga dewasa. ’’Untuk pertama diberikan saat umur 6 bulan, itu dua dosis yang intervalny­a 4 minggu,’’ ujarnya. Selanjutny­a, vaksin diulang setiap tahun. Dua dosis diberikan hingga anak berusia 8 tahun. Pada anak usia 9 tahun hingga lebih, satu dosis sudah cukup.

Terkait vaksin Covid-19, Boy menyatakan tak ada persiapan khusus yang harus dilakukan. ’’Yang penting, anak dalam kondisi sehat dan memungkink­an untuk menerima vaksin,’’ sambungnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia