Jawa Pos

Bantuan Rutin Dikirim Setiap Dua Minggu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puluhan truk yang berisi bantuan berjejer rapi di Dermaga Madura, Ujung, Koarmada II, kemarin pagi (15/4). Ratusan personel lantas bergerak cepat menurunkan ribuan paket bantuan dan memindahka­nnya ke KRI Tanjung Kambani –971. Bantuan tersebut akan dikirim ke korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyaluran bantuan disaksikan langsung oleh beberapa pejabat.

Di antaranya, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Lalu, Panglima Koarmada II Laksda TNI ING Sudihartaw­an dan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta.

Sebanyak 30 truk yang berisi ribuan paket terkumpul. Bantuan terdiri atas paket sembako, obatobatan, air mineral, makanan bayi, mi instan, tenda, selimut, alat mandi, masker, dan perlengkap­an ibadah. Selain dari TNI, Polri, dan pemerintah, bantuan berasal dari masyarakat dan para donatur.

Panglima Koarmada II Laksda TNI ING Sudihartaw­an menyatakan, penyaluran bantuan kemanusiaa­n ke daerah bencana di NTT sudah berjalan sebanyak empat kali. Sebelumnya bantuan dikirim dengan menggunaka­n KRI Oswald Siahaan –354, lalu KRI Ahmad Yani –351, dan KRI Semarang –594.

Banyaknya lokasi yang terpencil membuat KRI tidak bisa langsung ke titik sasaran. Kapal berukuran kecil diterjunka­n untuk wilayah terpencil. ”Kami mendistrib­usikan bantuan sampai ke penerima,” kata Sudihartaw­an di lambung KRI Tanjung Kambani. Jenderal bintang dua itu menjelaska­n, posko bantuan dibuka hingga waktu yang tidak ditentukan.

Lebih dari ratusan donatur telah berpartisi­pasi dalam kegiatan sosial tersebut. Penyaluran bantuan rutin dilakukan setiap dua minggu. ”Jadi, tidak ada jeda waktu. Setiap dua minggu, kapal menuju ke sana (NTT, Red),” ujarnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaska­n, untuk kali kesekian rasa empati dan simpati diberikan terhadap korban bencana alam. ”Bukan hanya bantuan logistik, sekitar seratus personel Tagana Jatim diterjunka­n ke NTT,” kata mantan menteri sosial tersebut.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? AWASI LANGSUNG: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengawasi persiapan pengiriman bantuan untuk korban bencana di NTT kemarin.
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS AWASI LANGSUNG: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengawasi persiapan pengiriman bantuan untuk korban bencana di NTT kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia