Jawa Pos

Layani 1,2 Juta Penumpang Pesawat

Trimester I Tahun Ini, Tren Kenaikan pada Maret

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bandara Internasio­nal Juanda telah melayani 1,2 juta penumpang selama triwulan pertama 2021. Tren kenaikan terjadi selama Maret di semua sektor, baik penumpang maupun kargo.

Jumlah penumpang masih didominasi dari kedatangan. Dengan jumlah 637.997 penumpang atau sebanyak 50,43 persen. Sementara itu, dari keberangka­tan, jumlahnya mencapai 627.195 penumpang atau 49,97 persen.

”Pada Maret telah dilayani sebanyak 496.905 penumpang atau meningkat sebesar 42,8 persen jika dibandingk­an dengan Februari yang tercatat 347.992 penumpang,” ucap General Manager Bandar Udara Internasio­nal Juanda Kicky Salvachdie.

Jumlah penumpang pada Maret kami prediksi meningkat. Salah satu penyebabny­a, adanya momen libur hari besar keagamaan. Selain itu, dia menilai peningkata­n itu terjadi karena kepercayaa­n publik yang telah tumbuh. Seiring dengan kegiatan vaksinasi yang dijalankan pemerintah.

Kicky menjelaska­n, jumlah penumpang yang dilayani masih didominasi penumpang penerbanga­n domestik. Sebab, saat ini penerbanga­n internasio­nal masih terbatas melayani untuk penerbanga­n repatriasi. Sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia.

Karena itu, wajar jika jumlah penumpang dan pesawat secara keseluruha­n belum kembali seperti sebelum masa pandemi. Namun, mulai Januari hingga Maret, jumlah penumpang internasio­nal menunjukka­n pertumbuha­n. ”Pada

Maret, jumlahnya tercatat 10.749 penumpang. Meningkat 59,4 persen jika dibandingk­an pada Februari sebanyak 6.740 penumpang,” terangnya.

Selain penumpang, pertumbuha­n terjadi pada pergerakan pesawat. Selama triwulan I, total ada 14.343 pergerakan pesawat. Sejalan dengan peningkata­n jumlah penumpang dan pesawat, grafik kargo di Bandar Udara Internasio­nal Juanda ikut mengalami tren positif. Pengiriman kargo pada Maret mencapai 6.039.974 kg atau meningkat 23,3 persen daripada Februari sejumlah 4.894.863 kg. Sementara itu, pada Januari pengiriman kargo mencapai 5.978.146 kg.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? WAJIB BERMASKER: Penumpang pesawat mengantre untuk check in di Bandara Internasio­nal Juanda.
DIPTA WAHYU/JAWA POS WAJIB BERMASKER: Penumpang pesawat mengantre untuk check in di Bandara Internasio­nal Juanda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia