Jawa Pos

Siapkan Kamera ETLE di Tiga Titik

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Pemkab Sidoarjo berencana memasang kamera di tiga titik utama. Pemasangan kamera CCTV tersebut bertujuan mendukung program electronic traffic law enforcemen­t (ETLE) atau tilang elektronik.

Tiga titik yang rencananya dipasangi kamera tersebut, antara lain, perempatan Babalayar atau dekat Ramayana, Sidoarjo. Di tempat tersebut, kamera bakal menghadap dua arah untuk memantau pengendara dari arah utara dan barat.

Kedua, lokasinya berada di perempatan Alun-Alun Sidoarjo. Rencananya, di sana ETLE juga dipasang menghadap dua arah untuk memantau pengendara dari arah utara dan selatan. Ketiga, CCTV bakal dipasang di perempatan Celep.

Kamera juga dipasang untuk dua arah. Yakni, memantau pengendara dari utara dan selatan. ”Anggaranny­a sudah ada. Dalam waktu dekat mulai pengadaann­ya,” terang Kasi Sarana dan Prasarana Dishub Sidoarjo Rizal Asnan.

Kamera tersebut memang memiliki spesifikas­i khusus yang mendukungE­TLE.Misalnya,jangkauank­amerabisaj­auh.”Sampai 100 meter bisa,” lanjut Rizal.

Kualitas gambar juga tinggi. Bahkan, kamera dilengkapi inframerah untuk memantau pengendara saat malam. ”Saat malam tetap aktif untuk memantau, jangkauann­ya pun tajam,” ungkap Rizal.

Ada server khusus untuk kamera tersebut. Nanti command center bekerja sama dengan Polresta Sidoarjo. Pengadaan kamera tersebut merupakan bentuk komitmen Kota Delta untuk mendukung program Kapolri. Awalnya, pengadaan untuk kamera tersebut sempat terkena refocusing. Namun, sebagai support program nasional, anggaran untuk pengadaann­ya tidak jadi terdampak refocusing.

”Jadi, tidak perlu menunggu perubahan anggaran keuangan (PAK),” pungkas Rizal.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? MINAT TINGGI: Pendaftara­n layanan umrah dan haji di kantor Kementeria­n Agama Kabupaten Sidoarjo.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MINAT TINGGI: Pendaftara­n layanan umrah dan haji di kantor Kementeria­n Agama Kabupaten Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia