Jawa Pos

Wali Kota Terbitkan SK Siaga Siklon Tropis

-

KOTA PASURUAN, Jawa Pos – Masyarakat diminta tetap waspada terhadap potensi terjadinya bencana akibat cuaca ekstrem. Pemkot Pasuruan bahkan menetapkan status siaga darurat menghadapi potensi bibit siklon tropis 94W. Penetapan status tersebut tertuang dalam surat keputusan (SK) wali kota.

Status siaga itu berlaku selama delapan hari ke depan. Yakni, 13–20 April 2021. Melalui surat keputusan (SK) bernomor 188/423.031/2021 itu, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf meminta seluruh perangkat daerah untuk siaga dalam menghadapi bencana. Khususnya BPBD Kota Pasuruan. ’’Saya minta organisasi perangkat daerah atau instansi dan lembaga yang terkait penanganan bencana mengoptima­lkan fasilitas yang dimiliki dan tetap siaga,” kata Gus Ipul, sapaannya.

Status siaga itu ditetapkan karena bibit-bibit siklon berpotensi meningkatk­an peluang terjadinya hujan lebat hingga sangat lebat. Bahkan disertai angin kencang dan gelombang tinggi. Selain itu, dampak yang ditimbulka­n siklon tropis 94W, antara lain, banjir, banjir bandang, genangan, angin kencang, hingga pohon tumbang. ’’Untuk itu, kami juga meminta masyarakat tetap waspada terhadap bencana di tengah bulan suci ini. Dengan tetap waspada, kita semua juga berharap tidak ada sesuatu yang buruk terjadi,” ungkapnya.

Meski S K siaga bencana itu berlaku delapan hari, Gus Ipul mengatakan bahwa keputusan tersebut bisa berubah mengikuti perubahan kondisi lapangan. Terutama melihat prakiraan cuaca dan potensi bencana dalam beberapa waktu ke depan. ’ Kami sudah minta BPBD siap siaga apabila terjadi sesuatu. Kebutuhan masyarakat yang sifatnya urgen harus dipriorita­skan,” tandasnya.

 ?? JAWA POS RADAR BROMO ?? HATI-HATI: Mendung pekat menggelayu­t di langit Pasuruan. Pemkot mengeluark­an SK agar masyarakat waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem.
JAWA POS RADAR BROMO HATI-HATI: Mendung pekat menggelayu­t di langit Pasuruan. Pemkot mengeluark­an SK agar masyarakat waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia