Jawa Pos

Tidak Bisa Praktis untuk Kulit Sehat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menjaga kulit agar tetap sehat menjadi hal penting bagi setiap orang. Terutama bagi perempuan. Hal itu dibahas dalam beauty talk bersama dr Octaviana H M Biomed AAM dan master of ceremony Olpie Puspitasar­i lewat Instagram Live Clariskin. Lewat beauty talk tersebut, mereka membahas berbagai tip untuk menjaga kulit tetap sehat.

Yang harus digarisbaw­ahi dalam tip merawat kulit, satu produk sebenarnya tidak bisa menjaga kulit dengan sempurna. ’’Meskipun itu yang praktis kayak 3 1,’’ ujar Olpie.

Hal itu dibenarkan dr Octaviana. Sama seperti makan, seseorang tidak bisa hanya makan nasi. Pasti butuh tambahan lain-lain. Jadi, untuk menjaga kulit tetap sehat, masalah yang harus diatasi tetap satu per satu.

’’Kalau memang ingin simpel dan praktis, hal dasar yang tidak boleh dilupakan tetap sunscreen dan moisturize­r atau pelembap,’’ ucapnya. Sebab, dua hal itu bisa melindungi kulit dari jahatnya sinar matahari hingga membuat kulit tetap lembap karena sering memakai make-up dan beraktivit­as di luar.

Lifestyle, aktivitas sehari-hari, metabolism­e tubuh, makanan, olahraga, dan jam tidur juga menjadi hal penting yang perlu diperhatik­an untuk menjaga kulit. ’’Poin-poin ini penting. Terlebih untuk yang sudah berada di usia 40-an,’’ tambahnya. Namun, kebiasaan menjaga kulit sebaiknya dimulai di usia 25 tahun karena aging sudah mulai muncul.

Hal lain yang sangat sering dilalaikan oleh orang-orang adalah pengaplika­sian kembali sunscreen setelah durasi habis. “Nah ini biasanya banyak jadi keluhan setelah liburan. Dok kok saya tetep item ya padahal sudah pakai sunscreen full,” tirunya menceritak­an keluhan pasien-pasiennya.

Dia pun menjelaska­n bahwa sunscreen biasanya punya waktu proteksi tertentu. Tergantung SPF yang terkandung. “Atau biasanya kita yang terlalu lama di bawah matahari. Karena meski sunblock atau sunscreen bisa menangkal cahaya matahari masuk kulit tetap saja kalau kelaaman di bawah matahari langsung juga tidak baik,” tambahnya. Hal itu lah yang perlu diperhatik­an kembali untuk menjaga kulit tetap sehat yang paling basic.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? SHARING: Dokter Octaviana (atas) bersama Olpie dalam beauty talk soal tip menjaga kulit tetap sehat.
MARIYAMA DINA/JAWA POS SHARING: Dokter Octaviana (atas) bersama Olpie dalam beauty talk soal tip menjaga kulit tetap sehat.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia