Jawa Pos

Buka Opsi Pindah Home Base

Tarif Sewa GBT Bakal Naik Berlipat-lipat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persebaya Surabaya sudah terancam jadi tim musafir pada Liga 1 2021. Kondisi itu bermula dari raperda yang tengah digodok DPRD Kota Surabaya.

Dalam aturan tersebut, tarif sewa Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan dinaikkan. Usulan tarif dari Pemkot Surabaya dikabarkan mencapai Rp 22 juta per satu jam. Atau Rp 444 juta untuk satu hari pemakaian.

Jumlahitum­embuatkage­tmanajemen Persebaya. Apalagi, jika dikalkulas­i, kenaikan tersebut sampai 15 kali lipat dibanding dengan tarif lama. Sebelumnya, untuk menggelar satu laga, tim berjuluk Green Force itu hanya perlu merogoh kocek Rp 30 juta.

Pihak manajemen kemudian melakukan perhitunga­n. ’’Apakah bisa kami (Persebaya) memakai stadion dengan harga segitu? Karena cost akan jadi lebih banyak,’’ kata Sekretaris Tim Persebaya Ram Surahman.

Dari situ, ada beberapa opsi yang bisa diambil pihak manajemen. Opsi pertama adalah meninggalk­an Stadion GBT. ’’Mungkin akan lebih rasional jika kami mencari stadion lain,’’ ungkap pria asal Benjeng, Gresik, tersebut.

Ram memang tidak menyebutka­n stadion mana yang bisa jadi opsi. Tapi, salah satu opsi adalah Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Letaknya tidak jauh dari Surabaya. Toh, Sidoarjo juga masih basis Bonek, suporter Persebaya.

Opsi kedua adalah tetap ber-home base di GBT dengan segala konsekuens­inya. ’’Kami bisa tetap berkandang di GBT, tapi nanti imbasnya ke Bonek. Karena harga tiket pasti akan kami naikkan, bisa berkalikal­i lipat,’’ kata pria yang juga pernah menjabat media officer Persebaya itu.

Saat ini, ada dua jenis harga tiket. Rp 50 ribu untuk ekonomi dan Rp 250 ribu untuk VIP atau superfans.

Karena raperda masih digodok, Ram berharap tarif sewa itu masih bisa diturunkan. Apalagi, dalam sesi hearing di DPRD Surabaya, Ram sempat menawarkan harga kepada pihak pemkot selaku pemilik GBT. ’’Sayasudaht­awarkan,kalaumemun­gkinkan, kami membayar Rp 100 juta untuk menggelar satu kali pertanding­an. Kami berharap itu bisa dimasukkan dalam pasal tambahan,’’ ucap Ram.

Diaberhara­ppihaklegi­slatifbisa­membantu menengahi soal raperda anyar tersebut. ’’Kami harapkan agar ada solusi-solusi dalamraper­daini.Istilahnya­agarPerseb­aya juga mampu memakai Stadion Gelora Bung Tomo,’ pungkasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia