Jawa Pos

Jump Shot Mahal Bam Adebayo

-

MIAMI, Jawa Pos − Bola sampai ke tangan Bam Adebayo saat pertanding­an tersisa 11 detik. Power forward 23 tahun itu lantas diam sejenak. Dia mengamanka­n bola sambil melihat situasi dan melakukan pivot. Saat itu momen sedang genting. Kedudukan sama kuat 107-107 antara Miami Heat dan sang tamu Brooklyn Nets.

Adebayo sebenarnya bisa melakukan passing ke point guard Goran Dragic yang berada di sebelah kanannya. Dia siap melakukan tembakan. Ke shooting guard Duncan Robinson pun bisa yang ada di sebelah kirinya. Tapi, Adebayo

punya keputusan lain.

Dia memilih melakukan drive dengan merangsek sendirian ke jantung pertahanan lawan. Forward Nets Jeff Green menempelny­a. Saat tepat di depan garis paint area, Adebayo menghentik­an langkah untuk melakukan jump shot. Green ikut lompat, tapi terlambat sepersekia­n detik.

Hasilnya, American Airlines Arena, markas Heat, seketika bergemuruh oleh teriakan fans Heat yang sudah diizinkan datang ke lapangan dengan jumlah terbatas. Tembakan mahal Adebayo itu masuk dan mengubah kedudukan 109107 untuk keunggulan Heat. Poin penentu itu tercipta tepat saat buzzer tanda akhir pertanding­an. Adebayo berteriak kencang dan disambut anggota skuad Heat lainnya.

’’Dia (Adebayo) mengendali­kan semuanya dengan baik,’’ ucap Erik Spoelstra, head coach Heat, dilansir ESPN. ’’Dia sempat melirik ke bench. Aku menjawabny­a dengan mengangkat tangan. Seperti memberi tahu silakan melakukan tembakan terakhir,’’ tambah Spoelstra.

Di laga tersebut, Adebayo total mengemas 21 angka dan 15 rebound. Dragic, Kendrick Nunn, dan Trevor Ariza juga mengemas double-digit dengan raihan 18, 17, dan 15 angka.

Dari kubu Nets, Landry Shamet jadi pencetak poin terbanyak dengan 30 poin. Dilanjutka­n Kyrie Irving yang mencetak 20 poin. Tim asuhan Steve Nash masih tampil tanpa James Harden yang menderita cedera hamstring. Sialnya, Kevin Durant yang baru pulih dari cedera panjang kemarin kembali mendapat cedera. Yakni, memar pada paha kiri.

 ?? CARLOS GOLDMAN/AFP PHOTO ?? TEMBAKAN PENENTU: Pemain Nets gagal mengeblok Bam Adebayo (tengah) saat melepaskan tembakan yang membuahkan poin penentu kemenangan Miami Heat.
CARLOS GOLDMAN/AFP PHOTO TEMBAKAN PENENTU: Pemain Nets gagal mengeblok Bam Adebayo (tengah) saat melepaskan tembakan yang membuahkan poin penentu kemenangan Miami Heat.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia