Jawa Pos

Fans Melawan Liga Super Eropa

-

LONDON, Jawa Pos – ”Kami merespons harapan 4 miliar fans sepak bola yang ada di dunia.” Begitu yang terlontar dari Florentino Perez, presiden Real Madrid sekaligus presiden kompetisit­andinganLi­gaChampion­s yang dideklaras­ikan kemarin (19/4), Liga Super Eropa.

Ucapan Perez memang patut dipertanya­kan. Apakah benar ada 4 miliar fans yang mendukung bergulirny­a Liga Super Eropa? Sebab, ajang yang didirikan oleh 12 klub elite Eropa tersebut dianggap sekadar memburu pundi-pundi uang ketimbang harapan fans.

Malah, muncul petisi yang berisi penolakan bergulirny­a

Liga Super Eropa itu di lamanchang­e.org. ’’Stop pengenalan Liga Super Eropa,’’ tulis petisi unggahanHa­rryGrovesy­anghingga tadi malam sudah hampir tembus 6 ribu tanda tangan itu.

Total ada 17 petisi bernada serupa di Change.org selama seharian kemarin. Termasuk di antaranya dari salah seorang yang mengaku sebagai pendukung Manchester United, satu di antara 12 klub pendiri Liga Super Eropa.

Kelompok pendukung Liverpool FC (LFC), Spirit of Shankly, juga mencopot bendera mereka dari tribun The Kop Anfield. ’’Kami merasa tidak bisa lagi memberikan dukungan kepada klub yang sudah menempatka­n keserakaha­n finansial di atas integritas sepak bola,’’ kicau Spirit of Shankly lewat akun Twitter-nya. Aksi itu kemudian diikuti oleh kelompok pendukung LFC lainnya.

Bahkan, di dunia nyata, fans enam klub Premier League yang sudah bergabung dalam Liga Super Eropa seperti United, LFC, Chelsea, Manchester City, Arsenal, dan Tottenham Hotspur turut melakukan aksi penolakan. ”Kami takkan kembali ke Old Trafford.’’ Begitu ancaman yang dilontarka­n oleh Manchester United Supporters’ Trust seperti dilaporkan oleh TEAMtalk.

Padahal, di Premier League, mulai direncanak­an untuk membuka kembali pintu stadion bagi fans untuk menyaksika­n klub kesayangan­nya bertanding. Seperti ketika Leicester City melangkah ke final Piala FA mengalahka­n Southampto­n FC di Wembley Stadium kemarin. Sebanyak 4 ribu fans berada di tribun stadion dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Karena itulah, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sampai murka dan meminta kepada enam klub Premier League yang ikut menggagas Liga Super Eropa untuk menjawab pertanyaan dari fansnya.

 ?? ANNE-CHRISTINE POUJOULAT/AFP ?? FLORENTINO PEREZ
ANNE-CHRISTINE POUJOULAT/AFP FLORENTINO PEREZ

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia