Jawa Pos

Rekrut Tiga Penyandang Disabilita­s sebagai Tim Kreatif

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wakil Wali Kota Surabaya Armudji merekrut tiga penyandang disabilita­s. Mereka akan dijadikan tim kreatif yang membantu Armudji untuk sosialisas­i kerja Pemkot Surabaya.

Tiga orang tersebut adalah Enrico, 30; Yuddit Yogi Irwansyah, 31; dan Alvian Andika, 24. Enrico dan Yuddit, keduanya tunarungu, mempunyai kemampuan desain grafis dan pembuatan video. Sementara itu, Alvian, tunanetra, punya keahlian di bidang TI dan content creator. Mereka yang direkrut sebagai tenaga outsourcin­g pemkot tersebut ditemui Armudji di ruang kerjanya kemarin (19/4).

Cak Ji, sapaan akrab Armudji, menuturkan bahwa perekrutan tiga penyandang disabilita­s itu sebagai bentuk apresiasi atas skill yang mereka miliki. Dia menilai jika hanya menyiapkan fasilitas infrastruk­tur yang ramah disabilita­s, hampir semua kabupaten atau kota melakukan hal itu. ’’Dan itu sudah biasa. Tapi, memberi kesempatan dalam pemerintah­an ini yang sangat jarang dilakukan,’’ kata Cak Ji.

Para penyandang disabilita­s itu akan berkolabor­asi dengan anak-anak milenial lainnya yang sudah direkrut lebih dulu. Salah satunya, tugas mereka adalah sosialisas­i program kerja pemerintah kepada publik lewat teknologi informasi. ’’Mereka kita berikan ruang gerak yang sama,’ ujarnya.

Rekrutmen para penyandang disabilita­s di Pemkot Surabaya tidak akan berhenti di situ. Tapi, bisa berlanjut sesuai dengan kemampuan para penyandang disabilita­s tersebut. Misalnya, sebagai satpam atau tenaga kebersihan di dinas kebersihan ruang terbuka hijau (DKRTH). ’’Bersih-bersih atau sapu jalan ya silakan. Nanti kita sampaikan ke DKRTH,’’ jelas Cak Ji.

Eka Dian Riani, pendamping tiga difabel itu, menyatakan sangat bersyukur dengan rekrutmen tersebut. Dia menyebut rekrutmen itu wujud keberpihak­an pemkot terhadap kelompok rentan. Termasuk kaum disabilita­s yang selama ini kerap dipandang sebelah mata.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MERANGKUL: Wakil Wali Kota Surabaya Armudji saat bertemu tiga penyandang disabilita­s, yakni Enrico, Yuddit Yogi Irwansyah, dan Alvian Andika, di ruang kerjanya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS MERANGKUL: Wakil Wali Kota Surabaya Armudji saat bertemu tiga penyandang disabilita­s, yakni Enrico, Yuddit Yogi Irwansyah, dan Alvian Andika, di ruang kerjanya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia