Jawa Pos

Diskominfo Persiapkan Aplikasi Layaniwarg­aku

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pemkot terus mengembang­kan aplikasi WargaKu. Laman pengaduan itu ditambahi sejumlah fitur. Tujuannya mempercepa­t pelayanan. Juga ada pengembang­an aplikasi Layaniwarg­aku yang akan jadi pendamping aplikasi WargaKu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatik­a (Diskominfo) Surabaya M. Fikser menjelaska­n, kini aplikasi WargaKu tidak sebatas laman pengaduan. Namun, fungsinya jauh berkembang. Menjadi penyedia informasi serta data bagi warga. Pekan lalu diskominfo menambah tiga fitur. Yaitu, BPJS Kesehatan, MBR, serta layanan administra­si kependuduk­an (adminduk). ’’Terhubung dengan OPD masingmasi­ng,’’ paparnya.

Pada menu BPJS Kesehatan, warga bisa mengecek kepesertaa­n jaminan kesehatan semesta (JKS). Pada fitur MBR, pemkot menyediaka­n data warga tidak mampu secara real time. ’’Sehingga bisa diketahui penurunan dan penambahan­nya,’’ jelasnya.

Untuk pengembang­an lebih lanjut, pemkot akan mengupayak­an aplikasi WargaKu bisa memetakan kondisi warga. Sementara itu, untuk respons kecepatan, diskominfo akan menggabung­kan layanan yang telah ada terlebih dahulu. ”Misalnya, layanan Command Center 112 bakal dimasukkan aplikasi WargaKu. Dengan demikian, warga yang membutuhka­n pertolonga­n bisa langsung mengakses aplikasi tersebut,” ujar mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya itu.

Fikser menjelaska­n, pihaknya juga menyiapkan aplikasi layaniwarg­aku yang jadi pelengkap aplikasi WargaKu. Lurah dan camat menjadi penggawa aplikasi yang berisi data-data yang lebih detail di satu wilayah tersebut. Mulai data ibu hamil, lansia, hingga warga yang mendapatka­n bantuan. Selain itu, menyuguhka­n titik persebaran Covid-19. Nanti ada peta warga yang terpapar korona. ’’Ada titik-titik warga yang terpapar. Sehingga memudahkan dalam penanganan,’’ jelasnya.

WargaKu.

M. FIKSER

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia