Jawa Pos

Pamerkan Unjuk Kerja dan Karya Siswa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembang­kan kreativita­s anak-anak di tengah pandemi. Misalnya, yang dilakukan siswa SDN Airlangga 1, Gubeng. Mereka membuat beberapa karya. Mulai makanan, minuman, peralatan mandi, kelistrika­n, hingga lukisan.

Kemarin (19/4), di aula SDN Airlangga 1, karya-karya itu dipamerkan. Pihak sekolah juga mengadakan kegiatan tersebut secara daring. Hanya ada satu siswa yang berjaga di stan pameran. ”Saya memang ditugaskan hari ini (kemarin, Red),” ucap Salsabila Rahadtul Aisy.

Pelajar kelas VI itu menjadi 1 di antara 135 anak yang mengikuti pameran. Dia membuat nugget berbahan sayuran dan daging. Salsabila menyebutka­n bahwa selama ini dirinya tidak hanya membuat nugget, tetapi juga kue. Dia biasa mengerjaka­nnya bersama sang ibu. ”Saya senang membuat makanan. Jadi, biar ada kegiatan selingan untuk mengisi waktu senggang,” katanya.

Kepala SDN Airlangga 1 Matrai Faridhin menyatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari unjuk kerja dan karya (UKK) sekolah. ”Kegiatan ini baru kali pertama dilakukan. Jadi, ini momen berharga bagi siswa untuk mengembang­kan diri,” tuturnya saat memantau pameran kemarin.

Dia mengakui, banyak anak didik yang mengalami kebosanan selama pandemi. Problem yang terjadi terkait dengan paket data, kegiatan belajarmen­gajar, hingga kesiapan orang tua. ”Pameran itu semacam oase supaya anak-anak tidak mengalami kekeringan karya,” jelas Matrai.

Dia pun kagum dengan karya para siswa. Salah satu karya yang membuatnya terkesima adalah generator listrik yang dibuat Kenzo Nathanael. Siswi VI-C itu merangkai jaringan yang dialirkan untuk menyalakan lampu. ”Ide ini perlu dikembangk­an agar lebih matang lagi,” tandasnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? OASE SAAT PANDEMI: Dari kiri, Wahyu Hartati, Machmudah Yuli, dan Nurilah Zurahidah melihat salah satu karya siswa mereka yang dipamerkan di aula SD Negeri Airlangga 1 kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS OASE SAAT PANDEMI: Dari kiri, Wahyu Hartati, Machmudah Yuli, dan Nurilah Zurahidah melihat salah satu karya siswa mereka yang dipamerkan di aula SD Negeri Airlangga 1 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia