Jawa Pos

Urunan untuk Sumbang Kasur dan Bantal

-

GRESIK, Jawa Pos – Senyum Mbah Maruji, 80, mengembang. Kemarin (19/4) janda sebatang kara itu kedatangan tamu Bhabinkamt­ibmas dan Babinsa Desa Sembayat, Manyar. Aparat dari kesatuan TNI dan Polri itu datang untuk mengulurka­n bantuan.

Mbah Maruji tinggal di RT 19, RW 04, Desa Sembayat. Rumahnya hanya berukuran 3 x 4 meter berdinding kalsiboard. Rumah petak itu berdiri di atas tanah negara. Lokasinya tidak jauh dari bibir Kalimireng. Tempat tinggal tersebut juga merupakan hasil kepedulian warga sekitar yang diprakarsa­i bhabinkamt­ibmas.

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, selama ini Mbah Maruji mengandalk­an uluran tangan warga sekitar. Ada yang memberikan bahan makanan hingga ikan. Saat tidur, Mbah Maruji hanya beralas tanah plesteran. Karena itu, kemarin Bripka Hadi Supriyanto dan Serda Marjuki merasa terketuk. Keduanya pun menyisihka­n gaji mereka untuk membelikan Mbah Maruji seperangka­t kasur, bantal, dan guling.

’’Semoga beliau bisa tidur lebih nyenyak, tulang senjanya tidak lagi beralas kerasnya lantai plester,’’ kata Bripka Hadi.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto yang dikonfirma­si melalui Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana mengapresi­asi kepedulian anggota bhabinkamt­ibmas dan babinsa. ’’Selain tugas pokok sebagai insan Polri dalam memberikan perlindung­an, pengayoman, dan pelayanan, ini wujud kepedulian kami kepada masyarakat,’’ kata Bima Sakti.

Mbah Maruji hanyalah satu di antara sekian banyak warga kurang mampu di Kabupaten Gresik. Dari catatan Jawa Pos, pada tahun ini jumlah warga miskin terkerek naik. Pada akhir 2020, persentase kemiskinan di Kota Santri mencapai 11,35 persen. Saat ini jumlahnya naik menjadi 12,40 persen.

Pemkab Gresik di bawah kepemimpin­an Bupati Fandi Akhmad Yani-Wabup Aminatun Habibah dalam beberapa kali kesempatan sudah meneguhkan komitmen, masalah kemiskinan dan penganggur­an serta banjir Kali Lamong menjadi prioritas kinerjanya ke depan.

 ?? POLRES GRESIK FOR JAWA POS ?? EMPATI: Bripka Hadi Supriyanto dan Serda Marjuki mendatangi rumah Mbah Maruji di Desa Sembayat, Manyar, untuk memberikan bantuan berupa kasur dan bantal.
POLRES GRESIK FOR JAWA POS EMPATI: Bripka Hadi Supriyanto dan Serda Marjuki mendatangi rumah Mbah Maruji di Desa Sembayat, Manyar, untuk memberikan bantuan berupa kasur dan bantal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia