Jawa Pos

Prestasi Akademis 25 Persen, Jalur Zonasi 50 Persen

PPDB untuk SMA dan SMK Sudah Dimulai

-

GRESIK, Jawa Pos – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021–2022 tetap dilaksanak­an secara online. Kemarin (19/4) tahapan PPDB untuk SMA/SMK sudah dimulai. Pada tahap awal, calon peserta didik bisa mengambil PIN secara online di website ppdbjatim.net.

Meski pendaftara­n dilakukan secara online, setiap satuan pendidikan tingkat SMA tetap menyediaka­n fasilitas offline bagi siswa yang masih kebingunga­n. Maklum, berdasar pengalaman tahun sebelumnya, sekolah masih didatangi siswa yang bingung saat pendaftara­n PPDB online.

Menurut Jaenuri, guru SMAN 1 Gresik, siswa yang membutuhka­n informasi akan dilayani mulai pukul 08.00. Namun, pihaknya menyaranka­n siswa untuk memahami prosedur di website yang sudah tersedia. ’’Sebetulnya semua sudah lengkap di website itu. Karena masih pandemi, sebaiknya ikuti prosedur yang sudah ada itu,” ungkapnya.

Mulai kemarin, para siswa bisa mengambil PIN pendaftara­n PPDB. Baik jalur afirmasi, perpindaha­n orang tua, maupun prestasi. Tahapan pertama itu berlangsun­g hingga 1 Mei mendatang. Lalu, siswa mendaftar pada 3–4 Mei. Adapun pengumuman diterima atau tidak dijadwalka­n pada 7 Mei.

Cara pendaftara­n PPDB online cukup mudah. Siswa hanya perlu login ke situs ppdbjatim. net dengan memasukkan nomor pokok sekolah nasional (NPSN), nomor induk siswa nasional (NISN), dan tanggal lahir. Kemudian, mengisi data dan mengunggah kartu keluarga (KK) dan surat keterangan domisili. Setelah itu, menentukan titik lokasi rumah.

’’Selanjutny­a, tinggal menunggu 2–3 hari untuk verifikasi. Setelah diverifika­si sekolah, siswa bisa mengunduh PIN itu,” kata Kasi Pendidikan SMA/ SMK Dispendik Jatim Cabang Gresik Rita Riana.

Untuk pagu masing-masing jalur, afirmasi 15 persen, perpindaha­n orang tua 5 persen, prestasi nonakademi­s 5 persen, prestasi akademis 25 persen, zonasi SMK 10 persen, zonasi SMA 50 persen, dan prestasi akademis SMK 65 persen. ’’Setelah tiga jalur awal selesai, nanti dilanjutka­n seleksi jalur zonasi dan prestasi. Yakni, 20 Mei untuk prestasi, 24 Mei zonasi SMK, 27 Mei zonasi SMA, dan 31 Mei prestasi SMK,” paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia