Jawa Pos

Jamin Kerahasiaa­n Ujian Calon ASN

Kemen PAN-RB Terima Naskah Soal dari Kemendikbu­d

-

JAKARTA, Jawa Pos – Proses pelaksanaa­n seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) terus dimatangka­n. Terbaru, Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) telah menyerahka­n naskah soal kepada tim panitia seleksi nasional (panselnas)

Dalam hal ini diwakili Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Soal-soal tersebut bakal digunakan untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun ini. Kemarin (20/4) naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkrips­i. Hal itu dilakukan demi mencegah kebocoran data.

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menjamin keamanan dan kerahasiaa­n soal tersebut. Sebab, tidak ada yang mengetahui kode enkripsi itu selain pihaknya. Tahap selanjutny­a, soal diinput ke dalam sistem computer assis

(CAT) Badan Kepegawaia­n Negara (BKN).

’’Kami yakin karena sejak tahun-tahun sebelumnya, kerahasiaa­n dan keamanan data menjadi kata kuncinya,’’ tutur Tjahjo saat serah terima naskah soal seleksi CASN formasi T.A 2021 secara virtual. Karena itu, lanjut dia, perlu pengawasan dan kehati-hatian penuh saat melakukan proses input.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkap­kan, soal ujian merupakan bagian penting untuk menjaring calon ASN berkualita­s. Karena itu, soal seleksi ASN disusun melalui beberapa tahapan. Pertama, penyusunan kisi-kisi dengan memperhati­kan hasil evaluasi pelaksanaa­n seleksi ASN dan kisi-kisi tahun 2019. Proses itu melibatkan unsur Kemen PAN-RB, BKN, Badan Nasional Penanggula­ngan Terorisme, dan para pakar dari perguruan tinggi. ”Mereka didampingi ahli konstruksi soal dari Pusat Asesmen dan Pembelajar­an Kemendikbu­d,” ujarnya.

Kedua, dilakukan penyesuaia­n soal ASN. Pada tahap tersebut, pihaknya melibatkan penulis dari perguruan tinggi di Indonesia dengan pendamping­an dan penjaminan mutu oleh Pusat Asesmen dan Pembelajar­an Kemendikbu­d sebagai ahli konstruksi soal. Terakhir, proses telaah bahasa yang dilakukan para ahli dari Badan Pengembang­an Pembinaan Bahasa. Itu dimaksudka­n untuk memastikan soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jadwal pembukaan pendaftara­n CPNS dan PPPK direncanak­an pada Mei–Juni 2021. Seleksi PPPK dibuka bagi guru dan nonguru. Tahun ini, kebutuhan ASN mencapai 1.275.387 orang. Rekrutmen CPNS dan PPPK akan diikuti 56 kementeria­n dan lembaga, 34 pemerintah provinsi, serta 504 pemerintah kabupaten dan kota.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? Nadiem Makarim
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS Nadiem Makarim

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia