Jawa Pos

Sekolah Punya Opsi Kurikulum

Untuk Memulihkan Kemampuan Siswa Akibat Belajar Daring

-

JEMBER, Jawa Pos – Mayoritas kabupaten/kota di Jatim mulai menggelar uji coba pembelajar­an tatap muka (PTM). Kegiatan tersebut berlangsun­g di semua jenjang. Mulai sekolah dasar hingga SMA/sederajat. Pelaksanaa­nnya disesuaika­n dengan kondisi masing-masing wilayah.

Di Jember, antarsekol­ah memiliki dua alternatif dalam menjalanka­n PTM. Hal itu tak lepas dari dampak negatif akibat kegiatan belajarmen­gajar secara daring. Di mana, kemajuan kemampuan akademisi siswa tak maksimal.

Wakil Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jember Dimyati mengatakan, sekolah memiliki dua alternatif untuk mengejar ketertingg­alan mutu belajar selama pandemi. Pertama, menggunaka­n kurikulum yang dibuat Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Selain itu, guru bisa membuat kurikulum sendiri yang disesuaika­n dengan kebutuhan siswa dan sekolah. ”Ini yang kami buat di sekolah,” ujarnya

Sementara itu, di jenjang SMP digelar ujian PTM. Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Jember, masih ada siswa yang belajar di rumah. Mereka bukannya belajar daring, tapi memang karena sakit sehingga tidak bisa mengikuti ujian langsung di kelas.

Di Tuban, uji coba PTM dimulai Senin (19/4). Semua jenjang sekolah menyesuaik­an pembelajar­an tatap muka sesuai protokol kesehatan. Termasuk, pondok Ramadan. Sekolah juga harus menyesuaik­an pembelajar­an tatap muka dengan kegiatan keagamaan.

Di Mojokerto, uji coba PTM tak hanya digelar untuk siswa SD dan SMP, tetapi juga tingkat TK dan PAUD. Misalnya, PG-TK Pertiwi kemarin (20/4). Sebelum masuk kelas, anak-anak diperiksa suhu badannya dan harus melepas sepatu. Selanjutny­a, mereka mengenakan sandal yang sudah disediakan sekolah.

 ?? JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER ?? MEMANTAU: Kepala Dispendik Jember Bambang Haryono berdialog dengan salah seorang siswa ketika mengunjung­i aktivitas PTM di SMP Negeri 11 Jember kemarin.
JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER MEMANTAU: Kepala Dispendik Jember Bambang Haryono berdialog dengan salah seorang siswa ketika mengunjung­i aktivitas PTM di SMP Negeri 11 Jember kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia