Jawa Pos

Battle of Britain Lebih Seru daripada Olimpiade

-

LONDON, Jawa Pos – Promotor Anthony Joshua, Eddie Hearn, buka suara terkait rencana detail duel unfikasi sabuk juara dunia kelas berat bertajuk Battle of Britain antara anak buahnya kontra Tyson Fury. Dan, Battle of Britain itu berbentrok­an jadwal dengan penyelengg­araan Olimpiade Tokyo.

Meski belum final, rencana awal duel dua petinju asal Inggris tersebut adalah berlangsun­g pada 24 Juli. Jika benar terjadi di tanggal tersebut, itu akan bersamaan dengan Olimpiade Tokyo yang digelar pada 23 Juli sampai 8 Agustus mendatang.

Sampai saat ini, Arab Saudi masih menjadi kandidat lokasi paling kuat untuk menggelar pertarunga­n pertama perebutan sabuk juara dunia kelas berat empat badan tinju (WBA, WBC, WBO, dan IBF) tersebut. Sementara itu, duel kedua direncanak­an berlangsun­g akhir tahun ini di London.

Menurut sumber The Sun, Arab Saudi sudah siap menggelont­orkan dana sampai GBP 500 juta (Rp 10 triliun) untuk mengamanka­n slot sebagai host pergelaran tersebut. Mereka juga sudah menyiapkan venue indoor dan menjamin laga bisa disaksikan langsung oleh 20 ribu penonton.

Hearn mengatakan, pihaknya maupun pihak Fury sudah sadar sekaligus siap menggelar pertarunga­n tersebut meski berlangsun­g di tengah event olahraga akbar Olimpiade. Namun, menurut dia, dua event itu memang sangat berbeda.

Di sisi lain, jam pelaksanaa­n juga diatur agar tidak bentrok. ”Pertanding­an akan dilaksanak­an di prime time waktu Inggris. Itu bersamaan dengan tengah malam di Tokyo,” ucap Hearn dilansir ESPN.

”Mungkin banyak yang tidak setuju dengan pernyataan­ku. Tapi, aku berani mengatakan duel ini lebih besar dibanding Olimpiade. Terutama untuk Inggris. Dan aku yakin seluruh dunia akan berhenti sejenak untuk menyaksika­n pertarunga­n ini,” tambah Hearn.

Bagi Joshua, jadwal itu akan sedikit membuatnya mendapatka­n kendala. Sebab, pelatihnya saat ini, yakni Rob McCracken, juga menjabat direktur kontingen tinju Inggris di Olimpiade. Artinya, Joshua bisa jadi tidak bisa ditemani pelatihnya tersebut pada hari pertarunga­n.

 ?? RINGO CHIU/AFP ?? Tyson Fury
RINGO CHIU/AFP Tyson Fury
 ?? FAYEZ NURELDINE/AFP ?? Anthony Joshua
FAYEZ NURELDINE/AFP Anthony Joshua

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia