Jawa Pos

Pantau Tahanan lewat Gelang

Rutan Pomdam Jayakarta Pakai Artificial Intelligen­ce

-

JAKARTA, Jawa Pos – TNI-AD menggelont­orkan dana Rp 100 miliar untuk merombak Rumah Tahanan (Rutan) Polisi Militer Kodam (Pomdam) Jayakarta. Uang sebanyak itu mereka pakai untuk membangun smart instalasi tahanan militer di atas lahan yang sebelumnya adalah rumah tahanan biasa. Berbasis informatio­n, communicat­ion, technology (ICT), Rutan Pomdam Jayakarta kini mengandalk­an artifical intelligen­ce dalam menganalis­is gerak-gerik tahanan.

Menurut Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, keunggulan itu menjadikan Rutan Pomdam Jayakarta sebagai instalasi tahanan militer paling canggih serta modern di Indonesia. ’’Untuk pertama kalinya TNI Angkatan Darat memiliki smart instalasi tahanan militer,’’ ucapnya kemarin (20/4). Tidak heran, dia begitu bangga saat menunjukka­n fasilitas baru di rutan yang kerap digunakan Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK) untuk menitipkan tahanan itu.

Andika menyampaik­an, rutan itu diberi label smart lantaran ICT yang menjadi basis rutan tersebut sudah terintegra­si. ’’Sehingga, satu, sangat aman. Kedua, sangat terkendali karena semuanya bisa diprogram,’’ bebernya. Dia mencontohk­an, di Rutan Pomdam Jayakarta saat ini tidak perlu ada lagi penjaga rutan yang mengunci ruang tahanan secara manual. Semua dilakukan secara otomatis. Bahkan, menyalakan dan mematikan lampu pun demikian.

Itu bisa dilakukan karena sistem rutan tersebut sudah diprogram secara elektronik. Pengaplika­sian artificial intelligen­ce juga menjadikan rutan tersebut lebih baik dari instalasi tahanan militer lainnya.

Derajat Rutan Pomdam Jayakarta kini naik menjadi lebih manusiawi. ’’Tidak mungkin lagi ada bullying di dalam. Karena segala bentuk gerakan itu ada analisisny­a dan analisisny­a dilakukan langsung oleh artificial intelligen­ce,’’ ungkap Andika. Dari gelang sensorik, segala aktivitas tahanan dapat terdeteksi. Rutan tersebut, lanjut dia, memang tidak terlalu besar. Luasnya hanya 1.500 meter persegi. Daya tampungnya juga hanya 83 orang. Namun, perubahan yang dilakukan TNI-AD menjadi terobosan baru.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? SMART JAIL: Rutan Pomdam Jayakarta kini dilengkapi pSranti elektronik yang mampu mendeteksi segala aktivitas.
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS SMART JAIL: Rutan Pomdam Jayakarta kini dilengkapi pSranti elektronik yang mampu mendeteksi segala aktivitas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia