Jawa Pos

73.860 Keping E-KTP Menumpuk di Kelurahan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puluhan ribu keping e-KTP belum diambil pemiliknya. Kartu-kartu tersebut sudah didistribu­sikan Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya hingga ke kantor kelurahan. Hingga kemarin tercatat 73.860 keping e-KTP belum dijemput sang empunya.

Cukup banyak kelurahan yang masih menyimpan ribuan keping e-KTP warga. Kelurahan Tanah Kali Kedinding contohnya. Di sana masih menumpuk 2.250 keping e-KTP. Dokumen itu belum diambil pemiliknya sejak dicetak pada awal 2020. Kelurahan lain yang juga cukup banyak menyimpan e-KTP warga adalah Pegirian. Sampai sekarang masih ada 1.990 keping. Di Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, ada 1.839 keping e-KTP yang belum diambil. Kemudian, di Sambikerep ada 1.717 keping dan di Kelurahan Ujung 1.667 keping.

Kepala Dispendukc­apil Surabaya Agus Imam Sonhaji meminta kelurahan untuk lebih gencar melakukan sosialisas­i. Sebanyak 73.860 keping e-KTP yang belum diambil tersebut merupakan hasil pencetakan Februari 2020. Saat itu dispendukc­apil mencetak massal 159 ribu keping e-KTP. Pencetakan dilakukan sebagai pengganti surat keterangan (suket). Sebab, sebelumnya dispendukc­apil masih menerbitka­n suket karena blangko e-KTP sangat terbatas. Nah, begitu blangko tersedia, instansi itu langsung melakukan pencetakan dalam jumlah besar sampai 159 ribu keping. ’’Kita harapkan sekarang bisa diambil. Karena sudah cukup lama,’’ imbuhnya.

Sejumlah kelurahan memang aktif melakukan sosialisas­i kepada warga. Salah satunya Kelurahan Romokalisa­ri. Pantauan Jawa Pos kemarin, e-KTP yang belum diambil warga terus berkurang. Hingga kemarin tinggal 17 keping. ’’Kami terus komunikasi­kan ke RT/RW,’’ kata Kasi Pemerintah­an Romokalisa­ri Nur Asiah.

Jika warga berhalanga­n untuk mengambil, pihaknya bergerak langsung. Ada petugas khusus yang jemput bola ke rumah yang bersangkut­an. ’’Mungkin warga terkendala oleh transporta­si. Jadi, kami datang langsung mengantark­an (e-KTP, Red),’’ tuturnya.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? JEMPUT BOLA: Kasi Pemerintah­an Kelurahan Romokalisa­ri Nur Asiah menunjukka­n sisa e-KTP yang belum diambil warga kemarin (20/4).
UMAR WIRAHADI/JAWA POS JEMPUT BOLA: Kasi Pemerintah­an Kelurahan Romokalisa­ri Nur Asiah menunjukka­n sisa e-KTP yang belum diambil warga kemarin (20/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia