Jawa Pos

Gresik Masuk Rayon I, Penyekatan di Dua Titik

-

GRESIK, Jawa Pos – Larangan mudik Idul Fitri 1442 H pada 6–17 Mei 2021 menuntut aparat mulai bersiap. Terutama melakukan penyekatan untuk mengantisi­pasi arus pemudik. Setidaknya, ada dua titik perbatasan antara Gresik dan Lamongan. Yakni, di wilayah Duduksampe­yan dan Panceng untuk wilayah Gresik Utara.

Penyekatan untuk wilayah tersebut dilakukan karena Gresik tergabung dalam rayon I bersama Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Adapun Lamongan tergabung dalam rayon IV bersama Tuban dan Bojonegoro. ’’Jadi, hanya mobilitas di wilayah tersebut yang diperboleh­kan. Sesuai wilayah aglomerasi yang telah ditentukan pemerintah,” kata KBO Satlantas Polres Gresik Iptu Khairul Anam.

Polres Gresik, lanjut dia, akan mendirikan pos penyekatan di dua titik tersebut. Karena itu, selama rentang waktu 6–17 Mei, pihaknya berharap masyarakat tidak keluar-masuk wilayah sesuai rayon yang telah ditentukan.

Meski demikian, petugas akan mengedepan­kan penindakan secara humanis. Yakni, meminta pengendara bersangkut­an untuk putar balik. Terkecuali, bagi kendaraan yang diperboleh­kan.

Beberapa pengecuali­an itu, antara lain, kendaraan pengangkut logistik dan BBM, obatobatan, serta alat kesehatan. Juga, kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah. Lalu, petugas yang tengah melakukan perjalanan dinas seperti ASN, Polri, TNI, dan pegawai swasta yang dilengkapi surat tugas.

Warga, lanjut Anam, yang memang memiliki keperluan mendesak seperti kunjungan duka keluarga yang meninggal dunia, keluarga sakit, dan pelayanan ibu bersalin juga akan diberi kelonggara­n. ’’Tentu harus dilengkapi dengan surat dan kelengkapa­n kendaraan. Bagi yang memaksa atau tetap melanggar, ada sanksi berupa tilang,” ungkapnya.

Rencananya, pos penyekatan tersebut mulai dibangun pada 25 April. Kesempatan itu sekaligus dimanfaatk­an untuk mengadakan Operasi Keselamata­n Semeru 2021.

Anam memprediks­i arus lalu lintas mulai padat sebelum larangan mobilitas itu berlaku. ’’Sebelum mendekati hari tersebut, tentu sosialisas­i dimasifkan. Termasuk operasi yustisi dan patroli pada titik rawan,” katanya.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? PATUHI: Anggota Satlantas Polres Gresik menyosiali­sasikan larangan mudik di perempatan jalan kemarin.
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS PATUHI: Anggota Satlantas Polres Gresik menyosiali­sasikan larangan mudik di perempatan jalan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia