Jawa Pos

Parkir Liar Padati Bahu Jalan Dharmawang­sa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Parkir sembaranga­n di area bahu Jalan Dharmawang­sa, tepatnya di depan RSUD dr Soetomo, marak terjadi lagi. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Beberapa kali keberadaan mereka mengganggu aktivitas masyarakat yang hilir mudik dari dan menuju rumah sakit milik Pemprov Jatim tersebut.

Padahal, Dishub Surabaya sering melakukan penindakan. Berdasar pengamatan, mayoritas parkir liar terjadi pada pagi dan sore hari. ”Sepanjang area Dharmawang­sa, memang kerap terlihat mobil atau sepeda motor yang parkir sembaranga­n,” ucap salah seorang warga sekitar, Sutrisno.

Menurut dia, biasanya pengemudi yang hendak mampir sesaat ke rumah sakit memarkirka­n kendaraan di sana. ”Tapi, tak jarang ada yang parkir hingga berjam-jam,” ungkap warga Gubeng tersebut.

Sutrisno menyatakan, petugas Dishub Surabaya sudah kerap melakukan penindakan. Khususnya pada pagi hari. Namun, masih ada saja yang nekat parkir sembaranga­n.

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Pengendali­an Lalu Lintas Dishub Surabaya Sandi Ismawan menegaskan bahwa penindakan di area tersebut sudah sering dilakukan. Bahkan, setiap hari ada saja kendaraan pelanggar yang langsung diderek atau digembok. Selain di Dharmawang­sa, hal serupa ditemui di area Jalan Prof dr Moestopo hingga Jalan Dharmahusa­da. ”Kami juga kenakan denda Rp 500 ribu untuk mobil dan Rp 250 ribu untuk sepeda motor,” terangnya.

Dalam penindakan itu, ada regu yang bertugas setiap hari. ”Mereka keliling dan mengunjung­i area yang rawan seperti fasilitas publik dan kesehatan,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia