Jawa Pos

Gandeng Toko Kelontong, Sediakan Bapok Murah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Operasi pasar murah berlangsun­g di Kelurahan Kedung Baruk, Rungkut, kemarin pagi (20/4). Berbagai produk dijual dengan harga lebih rendah daripada pasaran. Bahan pokok (bapok) dipasok langsung oleh toko kelontong yang menjadi binaan Dinas Perdaganga­n (Disdag) Surabaya.

Ibu-Ibu mengerubun­gi meja-meja yang disediakan disdag. Mereka memburu bapok seperti telur, cabai, bawang, hingga minyak goreng. Salah seorang pembeli, Suharsih, menuturkan bahwa keberadaan operasi pasar itu sangat membantu dirinya. Apalagi, barang yang disediakan lengkap. Dia tidak perlu mendatangi pasar. ”Lumayan harganya. Kacek Rp 1.000–Rp 2.000. Kelihatann­ya sedikit, tapi kalau untuk bahan pokok ya terasa kalau harganya naik. Ini sekalian beli banyak buat Lebaran,” ucapnya.

Plt Lurah Kedung Baruk Sujari menjelaska­n, sebelumnya pihaknya menyebarka­n woro-woro kepada masyarakat. Mereka diminta menyempatk­an diri melihat bapok yang dijual. ”Lihat saja dulu. Kalau sudah tahu harganya, pasti mereka tertarik. Ternyata benar, harganya lebih murah,” ujarnya.

Informasi itu pun cepat menyebar. Tidak sampai satu jam, beberapa bapok seperti telur sudah habis diborong warga. ”Pembelian juga dibatasi agar yang lain kebagian,” jelas Sujari.

Dalam operasi pasar tersebut, toko kelontong juga dilibatkan. Di Kecamatan Rungkut, koperasi khusus toko kelontong yang sudah terbentuk menyuplai barang-barang operasi pasar. ”Mereka memiliki fungsi untuk ikut mengawasi stabilitas harga. Jadi, kenaikan harga yang drastis juga bisa ditekan. Di satu sisi, program itu menggerakk­an ekonomi di level bawah,” papar Kepala Disdag Wiwiek Widyawati.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? LEBIH MURAH: Seorang warga berbelanja bapok di operasi pasar yang berlangsun­g di Kelurahan Kedung Baruk kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS LEBIH MURAH: Seorang warga berbelanja bapok di operasi pasar yang berlangsun­g di Kelurahan Kedung Baruk kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia