Jawa Pos

Baru 1.550 Lansia Tervaksin, Kurang 2.032 Orang

Program Vaksinasi 2 Lansia Gratis 1 Masih Berlaku

-

SURABAYA, Jawa Pos – Vaksinasi untuk lansia terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya selama Ramadan. Sebab, ada target yang harus segera dipenuhi. Karena itu, pemkot menggunaka­n berbagai cara untuk menarik minat lansia mau divaksin. Mulai upaya jemput bola hingga program vaksinasi bawa dua lansia gratis satu.

Kepala Puskesmas Krembangan Selatan dr Dayanti Dadiningru­m menyatakan, program tersebut merupakan inisiatif Pemkot Surabaya untuk mendukung percepatan vaksinasi lansia. Syaratnya, seseorang harus membawa dua lansia untuk menerima vaksin. Lantas, orang itu juga mendapat vaksin.

”Sayangnya, bulan puasa ini belum ada yang terlihat hadir,” katanya kemarin (20/4). Syaratnya, cukup membawa fotokopi KTP Surabaya atau surat domisili jika tidak ber-KTP Surabaya. Pendamping dapat mendaftar ke tautan bit.ly/vaksinasi2­lansia1pen­damping. ”Atau, datang langsung ke puskesmas,” tuturnya.

Meski belum ada yang datang, pihaknya beserta tenaga kesehatan terus melakukan sosialisas­i dan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Dia menduga masih ada keraguan vaksinasi pada bulan puasa. Padahal, sudah ada edaran dan fatwa yang memperbole­hkan vaksinasi selama puasa.

Dayanti menjelaska­n, vaksinasi untuk lansia terus dilakukan dengan upaya jemput bola. Pihaknya berkoordin­asi dengan perangkat setempat untuk melakukan vaksinasi di tempat lansia berada. Termasuk mengadakan vaksinasi di balai RW dan RT.

”Petugas juga cari data by name lansia di RT-RT. Semua kami libatkan, termasuk staf puskesmas dan kader bumantik,” terangnya. Pendataan riil itu dilakukan agar vaksinasi tetap sasaran. Sebab, ada data lansia yang sudah pindah dan bahkan sudah meninggal.

Hingga kini, Puskesmas Krembangan Selatan telah memvaksin 1.550 lansia di antara total sasaran 3.582 orang. Dalam upaya menuntaska­n vaksinasi lansia, Lurah Krembangan Selatan Sudirman juga rutin berkoordin­asi dengan berbagai pihak. Sosialisas­i dan ajakan vaksinasi tidak hanya datang dari petugas kesehatan, tetapi juga dari personel Polri dan TNI.

Sudirman juga terlibat dalam penjadwala­n vaksinasi di wilayahnya. Misalnya, yang berlangsun­g di kawasan balai RT 3, RW 15, sepekan silam. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk terlibat aktif dalam pelaksanaa­n vaksinasi yang diselengga­rakan Pemkot Surabaya. Dengan begitu, kata Sudirman, persebaran Covid-19 bisa ditekan. ”Bagi yang sudah divaksin, prokesnya ya jangan kendur,” tegasnya.

 ?? AZAMI RAMADHAN/JAWA POS ?? TARIK NAPAS YA, PAK: Tenaga kesehatan menyuntikk­an vaksin Covid-19 kepada salah seorang lansia di RT 3, RW 15, Kelurahan Krembangan Selatan.
AZAMI RAMADHAN/JAWA POS TARIK NAPAS YA, PAK: Tenaga kesehatan menyuntikk­an vaksin Covid-19 kepada salah seorang lansia di RT 3, RW 15, Kelurahan Krembangan Selatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia