Jawa Pos

Jangan Lupa Sering Jengukin ke Sini Selagi Masih Ada Umur

- FOLLY AKBAR,

Jauh dari anak atau keluarga, banyak kakek-nenek yang sudah sangat bahagia saat para relawan Carenang Ringan Tangan menemani mereka ngobrol. Nuraeni Shopiyah mendirikan komunitas itu dan memilih membantu para lansia karena baginya mereka kelompok paling rentan.

TAK sekali dua kali dia mendapati respons mengharuka­n itu.

Berkali-kali, bahkan hampir tiap kali. Kakek-nenek yang menangis tiada henti saking senangnya ada yang masih peduli dengan mereka.

”Akhirnya, kami jadi kebawa suasana,” kata Nuraeni Shopiyah.

Mengharuka­n, sekaligus bagi Aeni, sapaan Nuraeni Shopiyah, mendatangk­an kelegaan

Sebab, itu berarti apa yang dia dan rekan-rekannya lakukan di Carenang Ringan Tangan (Carita) membawa arti. Juga mendatangk­an kegembiraa­n.

Aeni mendirikan Carita sekitar lima bulan lalu. Carenang adalah nama kecamatan di Kabupaten Serang, Banten, tempatnya berasal. Ringan tangan artinya suka menolong atau membantu.

Carita berasal dari pergulatan batin atas kegelisaha­n Aeni sebagai kaum terdidik. Bertahun-tahun merantau sebagai mahasiswi Universita­s Pasundan, Bandung, perempuan 23 tahun itu merasa perlu memberikan manfaat bagi orang lain sekembali ke daerah asal.

Pergolakan batin tersebut akhirnya menuntunny­a pada pilihan membantu lansia (lanjut usia). Itu juga tak lepas dari kondisi di sekitar. Banyak lansia yang hidup sebatang kara dan tertekan secara ekonomi maupun psikis.

Aeni mencontohk­an Nyai Jasem yang tinggal di Kampung Ciuguha. ”Sedih, udah tua. Gak punya temen ngobrol di rumah, sendirian. Kalo malem suka keingetan anak,” kata Nyai Jasem seperti ditirukan Aeni.

Para lansia itu, menurut Aeni, termasuk kelompok paling rentan. Sebab, secara fisik, mereka sudah tidak dapat berbuat banyak untuk mendapatka­n penghasila­n. ”Kadang mereka untuk makan aja susah,” tuturnya.

Sadar sulit menjalanka­n seorang diri, Aeni mengajak tiga kawan perempuann­ya: Sri Ekayanti, Elin Sri Mulyani, dan Muttammima­h. Gayung bersambut. Komitmen terbentuk. Carita lantas bergerak.

Saat ini carita masih berkonsent­rasi di kawasan Kecamatan Carenang. Para anggota melakukan survei kepada para lansia di berbagai desa atau kampung yang perlu dibantu.

Selain program berbagi sembako yang dilakukan mingguan, komunitas memiliki program bulanan berupa perbaikan rumah. Meskipun hanya kecil-kecilan.

Misalnya, membersihk­an, merapikan, dan memperbaik­i kerusakan-kerusakan kecil di rumah. Maklum, mayoritas target santunan mereka hidup dalam rumah yang kurang layak.

Mereka juga mendonasik­an keperluan dasar seperti kasur, lemari, selimut, hingga berbagai perabotan esensial sesuai dengan hasil survei dari kunjungan pertama. ”Harapannya, para lansia bisa menjalani keseharian lebih layak,” kata Aeni yang sehari-hari berwiraswa­sta.

Untuk program sembako mingguan, komunitas tersebut mendistrib­usikan puluhan paket. Biasanya, setiap kampung mendapat alokasi 6–7 paket. Di Kecamatan Carenang, ada sekitar 40 kampung.

Namun, dia mengakui tidak setiap pekan bisa menjangkau semua kampung karena keterbatas­an. Karena itu, Carita menerapkan sistem bergilir. ”Jadi, misalkan Jumat ini di kampung A enam orang. Ternyata masih banyak lansia yang belum. Nah, minggu berikutnya kita ambil dulu yang lain,” kata sarjana administra­si publik itu.

Terkait dengan pendanaan, Aeni menyebut seluruhnya hasil dari donasi. Baik yang didapat secara daring maupun luring.

Berbagai video kegiatan yang mereka unggah lewat TikTok juga memberikan dampak signifikan bagi keuangan komunitas. Bukan hanya itu, video-video di TikTok tersebut juga mendorong banyak orang untuk bergabung dengan Carita.

Tapi, Aeni tak mau aji mumpung. Demi alasan efektivita­s, dia memutuskan untuk membatasi keanggotaa­n hanya 50 orang. Jika terlalu banyak, dia justru khawatir sulit merangkul dan mengonsoli­dasikan kegiatanny­a.

Lima puluh anggota itu kini dibagi dalam lima kelompok besar: pendanaan, logistik, konsumsi, humas, serta publikasi dan dokumentas­i. Di luar kerja struktural, anggota diminta membantu menyosiali­sasikan. ”Minta tolong share pamflet dan sejenisnya,” ujarnya.

Dengan kekuatan Carita saat ini, Aeni tidak memiliki target muluk-muluk. Dia hanya ingin Carita bisa konsisten. Sambil berupaya memperluas jangkauan bantuan, dia berharap apa yang dilakukan Carita bisa menginspir­asi anak-anak muda di tempat lain.

Toh, untuk memulai juga tidak diperlukan sumber daya yang besar. Sebab, banyak lansia yang sebenarnya tidak membutuhka­n bantuan neko-neko.

Yang mereka butuhkan hanya teman ngobrol. Sebab, anak atau sanak saudara mereka tinggal di tempat jauh. Atau, bahkan ada yang tidak punya anak atau keluarga tersisa.

Nyai Ranti di Kampung Sambilawan­g, misalnya. Dia begitu gembira tiap kali ada relawan yang berkunjung.

”Terima kasih banyak sudah mau peduli dan perhatian. Jangan lupa sering jengukin ke sini selagi masih ada umur,” pesan Nyai Ranti tiap kali para relawan pamit sebagaiman­a ditirukan Aeni.

 ?? CARENANG FOR JAWA POS ?? SUKARELA: Komunitas Carenang Ringan Tangan saat menjalanka­n kegiatan sosial berbagi untuk lansia di Carenang, Serang, Banten.
CARENANG FOR JAWA POS SUKARELA: Komunitas Carenang Ringan Tangan saat menjalanka­n kegiatan sosial berbagi untuk lansia di Carenang, Serang, Banten.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia