Jawa Pos

Dorong IKM Pangan Jajaki Pasar Global

-

JAKARTA, Jawa Pos – Industri kecil dan menengah (IKM) didorong untuk dapat meningkatk­an daya saingnya menuju pasar global. Salah satu sektor yang digenjot meningkatk­an ekspor adalah IKM pangan. Indonesia dianggap memiliki daya saing yang bagus sebagai eksportir pangan di pasar internasio­nal.

Kemenperin pun bekerja sama dengan kementeria­n maupun lembaga lain. Di antaranya, Kementeria­n Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparek­raf) dengan memperkena­lkan produk pangan olahan khas Indonesia. ”Harapannya bisa meningkatk­an pertumbuha­n ekspor, terutama kuliner, melalui pemanfaata­n rantai produksi global serta perluasan produk ekspor,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin Gati Wibawaning­sih kemarin (20/7).

Gati juga mengatakan, kerja sama Pasar Digital (PaDi) UMKM yang diinisiato­ri Kementeria­n Badan Usaha Milik Negara diarahkan untuk memperluas dan mempermuda­h UMKM mendapatka­n akses pembiayaan, memperluas kanal pemasaran UMKM, dan membantu mempersiap­kan UMKM untuk transaksi digital.

Dalam kerja sama tersebut, lanjut Gati, Kemenperin berperan menyiapkan IKM, juga melakukan pendamping­an dan pembinaan. ”Salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan adalah meningkatk­an kualitas dan desain kemasan produk IKM,” bebernya.

Data Kementeria­n Perdaganga­n (Kemendag) menyebutka­n, Indonesia berada di peringkat ke-21 dunia untuk ekspor makanan olahan. ”Untuk itu, kami mendorong IKM dan UMKM yang telah mempunyai produk tapi belum melakukan ekspor dapat memanfaatk­an fasilitas dari pemerintah,” ujarnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? DAMPINGI PENGUSAHA: Aktivitas pekerja IKM pangan di Sidoarjo, Jawa Timur. Kemenperin akan memberikan pendamping­an, peningkata­n mutu, dan akses pasar ekspor bagi IKM.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS DAMPINGI PENGUSAHA: Aktivitas pekerja IKM pangan di Sidoarjo, Jawa Timur. Kemenperin akan memberikan pendamping­an, peningkata­n mutu, dan akses pasar ekspor bagi IKM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia