Jawa Pos

Tetap Salat Id dengan Prokes, RPH Jadi Jujukan

Suasana Idul Adha di Sejumlah Kabupaten/Kota

-

JEMBER, Jawa Pos – Perayaan Hari Raya Idul Adha di berbagai daerah di Jatim kemarin masih berlangsun­g di tengah-tengah keprihatia­n akibat pandemi yang tak kunjung reda. Sebagian besar masjid memilih untuk tak menggelar salat Id.

Prosesi pemotongan hewan kurban juga tak seramai biasanya. Rumah potong hewan (RPH) akhirnya jadi jujukan.

Di berbagai daerah, banyak masjid yang memilih untuk meniadakan salat Id. Masyarakat pun memilih untuk salat di rumah masingmasi­ng. Hal serupa dilakoni para pemangku kebijakan setempat.

Di Lamongan, Bupati Yuhronur Efendi memilih untuk salat Id bersama keluarga. Di Jember Bupati Hendy Siswanto melakukan hal serupa. Demikian pula saat malam takbiran, bersama jajaran forkopimda, mereka memilih menggelar takbiran virtual di pendapa pemkab. ”Saat ini, situasi masih pandemi. Namun, kami juga tak ingin kemeriahan Idul Adha berkurang,” katanya.

Di sisi lain, pelaksanaa­n salat Id juga banyak digelar di berbagai daerah seperti di Pasuruan. Sebagian masjid tetap menggelar salat berjamaah. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya, Masjid Jami Al Anwar, kawasan alun-alun.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman menyebut, satgas memang tidak pernah menutup masjid. Pihaknya hanya mengimbau agar masyarakat taat pada prokes dalam menggelar salat Id. ”Dari pantauan kami, penyelengg­araan salat Idul Adha sudah berjalan baik,” katanya.

Pelaksanaa­n pemotongan hewan kurban di masjid-masjid juga tak seramai sebelumnya. Sebagian warga memilih untuk memotongny­a di rumah potong hewan (RPH). Akibatnya, cukup banyak RPH yang overload.

 ?? FAHRIZAL FIRMANI/JAWA POS RADAR BROMO ?? KHUSYUK: Para jamaah di Masjid Jami Al Anwar, Kota Pasuruan, mengikuti salat Id dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).
FAHRIZAL FIRMANI/JAWA POS RADAR BROMO KHUSYUK: Para jamaah di Masjid Jami Al Anwar, Kota Pasuruan, mengikuti salat Id dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).
 ?? AGUS MUHAIMIN/JAWA POS RADAR BLITAR ?? TELITI: Petugas Pemkab Blitar memeriksa daging hewan kurban di sejumlah lokasi pemotongan.
AGUS MUHAIMIN/JAWA POS RADAR BLITAR TELITI: Petugas Pemkab Blitar memeriksa daging hewan kurban di sejumlah lokasi pemotongan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia